Ketua Golkar Jatim: Pancasila adalah Titik Temu Bangsa

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 19:05 WIB
Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji
Foto: Golkar
Jakarta -

Ketua DPD Golkar Jatim M. Sarmuji mengajak seluruh masyarakat untuk merenungkan nilai-nilai Pancasila yang dibawa para pendiri bangsa. Dia mengatakan para tokoh seperti Soekarno, Muhammad Yamin, dan Soepomo memiliki semangat yang sama, yaitu semangat persatuan.

Oleh karena itu, Anggota Komisi XI DPR RI ini menilai Pancasila menjadi ideologi yang pas bagi Indonesia yang merupakan bangsa majemuk. Menurutnya, Indonesia memiliki beragam perbedaan, mulai dari bahasa, warna kulit, hingga agama dan kepercayaan.

"Pancasila adalah titik temu. Titik temu ini bukan mengharuskan semua harus sama dan bukan pula bertemu untuk menonjolkan perbedaan. Saling menjaga toleransi adalah semangat kemanusiaan dan persatuan yang ada di Pancasila," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Legislator dari Jatim VI tersebut menekankan sebagai ideologi bangsa, Pancasila harus ada di dada seluruh warga negara, terlebih generasi muda. "Seorang yang mengaku Pancasilais adalah mereka yang dapat mengayomi semua golongan," kata Sarmuji.

Untuk itu, dia menyebut para pemimpin negara saat ini tidak boleh berhenti dalam memberikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial.

Hal ini mengingat Pancasila bukan hanya sebatas pengetahuan apalagi hafalan, melainkan perpaduan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

"Tugas pemimpin sekarang tidaklah mudah. Anak-anak muda jaman sekarang lebih butuh panutan atau role model, seseorang yang benar-benar mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

(akd/ega)