Hari Lahir Pancasila, Anies Kisahkan Pidato Bung Karno di Sidang BPUPKI

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 12:47 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan. (Foto: Tiara/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat hari lahir Pancasila. Anies berkaca dari pidato Bung Karno pada sidang BPUPKI dalam merumuskan tujuan dasar bernegara, yakni terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

"Bung Karno berpidato pada sidang BPUPKI 76 tahun silam, yang kemudian dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 dan jadi narasi dasar tentang tujuan utama kita bernegara, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Anies melalui akun instagramnya @aniesbaswedan seperti dilihat detikcom, Selasa (1/6/2021).

Anies mengajak seluruh masyarakat untuk terus berikhtiar. Dia ingin ikhtiar itu menghadirkan keadilan sosial bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Mari terus berikhtiar menghadirkan keadilan sosial di tengah menghadapi pandemi saat ini. Selamat Hari Lahir Pancasila," ujarnya.

Anies juga mengajak masyarakat untuk saling menjaga solidaritas. Dia berharap masyarakat dapat tumbuh dalam keberagaman.

"Tetap saling menjaga solidaritas dalam pandemi dan tumbuh dalam damainya keberagaman," ucapnya.

Seperti diketahui, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Hari lahir Pancasila juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Simak video 'Jokowi Was-was Ekspansi Ideologi Transnasional Radikal di Era 5G':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)