Sasar Area Publik, TNI-Polri di NTB Gelar Tes Antigen Acak di Dompu

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 20:40 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Tim gabungan TNI-Polri dan tenaga kesehatan di Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar tes swab antigen acak di dua lokasi dengan sasaran area pelayanan publik. Tes dilakukan di halaman Disdukcapil, Kota Dompu dan Jalan Pertigaan Desa Malaju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program Kampung Sehat Jilid II yang digagas Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam mendukung Pemprov NTB guna percepatan penanganan COVID-19 di wilayah NTB, khususnya Kabupaten Dompu.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto menjelaskan tes swab antigen acak pertama dilakukan di halaman disdukcapil yang ada di Kota Dompu. Di sini, tim gabungan melakukan tes kepada 25 warga yang sedang mengurus KTP hingga KK.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

"Kegiatan Swab Antigen tersebut melibatkan PLT Camat Dompu Haidir, Danramil 1614-01 Dompu Kota Kp Inf. M. Yamin beserta Anggota, Kapolsek Dompu Ipda I Kadek Suadaya Atmahab beserta anggota dan Kepala Puskesmas Dompu Kota Ibu Della Puspita beserta nakes," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (31/5/2021).

Artanto menyampaikan kegiatan swab antigen berikutnya bertempat di Jalan Pertigaan Desa Malaju, Kecamatan Kilo. Tim melakukan tes kepada 24 pengguna jalan secara acak dengan hasil negatif.

Kegiatan tersebut diawali dengan razia masker dan pembagian masker kepada pengguna jalan yang tidak menggunakan masker. Pelanggar kemudian diminta melakukan swab antigen di Kantor Desa Malaju.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

"Peningkatan upaya testing dan tracking sebagai bagian proses penyelidikan epidemiologi dan pelacakan kontak untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 dan ini sebagai salah satu metode dalam pelacakan kontak, penegakan diagnosis, dan skrining COVID-19 dalam kondisi tertentu," tutup Artanto.

(ncm/ega)