47 Pengguna Jalan di Sumbawa Dites Antigen, 1 Orang Positif COVID-19

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 23:04 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Tim Gabungan Kepolisian Resor Sumbawa Polda NTB, Kodim 1607 Sumbawa, bersama Pemkab Sumbawa melaksanakan patroli KRYD (Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan) dan Operasi Yustisi di sejumlah titik keramaian. Operasi yang berlangsung di wilayah Sumbawa ini dilaksanakan dalam rangka memelihara kamtibmas dan memutus mata rantai COVID-19.

Diketahui, kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (29/5) ini diikuti oleh Polres Sumbawa, Sub Den POM Sumbawa, Kodim 1607 Sumbawa, Satpol PP Kabupaten Sumbawa, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa.

Kepala Kepolisian Resor Sumbawa Polda NTB, AKBP Widy Saputra melalui Kasubbag Humas AKP Sumardi mengatakan pelaksanaan kegiatan diawali dengan apel dan arahan yang dipimpin Kabag Ops Polres Sumbawa Kompol Sari Mukmin di Mapolres Sumbawa.

Ia menambahkan kegiatan yang dilakukan pihaknya ini merupakan intervensi dari program Kampung Sehat Jilid II yang digagas Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal. Sumardi menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk membantu Pemda dalam percepatan penanganan COVID-19 di wilayah NTB, khususnya Kabupaten Sumbawa.

Guna menindaklanjuti program Kampung Sehat Jilid II, Sumardi mengungkap tim yang dipimpin Kabag Ops bergerak menuju simpang pertokoan untuk melakukan penyekatan, penegakkan, dan tes swab antigen terhadap masyarakat yang melintas.

Sumardi menyampaikan sasaran dari kegiatan ini adalah fokus kepada masyarakat yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan, baik pejalan kaki, pengendara roda dua, maupun roda empat.

Polda NTB Foto: Polda NTB

"Adapun masyarakat yang terjaring dalam operasi penegakan, sejumlah 47 orang, langsung dilakukan tes swab antigen di tempat," ungkap Sumardi dalam keterangan tertulis, Minggu (30/5/2021).

Lebih lanjut, ia menyebutkan dari 47 orang yang dites swab antigen, 1 orang di antaranya dinyatakan positif.

Tak hanya melakukan tes swab antigen, ia pun menjelaskan bahwa pihaknya memberikan sanksi sosial berupa push up bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, terutama yang tidak memakai masker.

Polda NTB Foto: Polda NTB

Sumardi menegaskan pihaknya terus melakukan penertiban, penegakan, hingga tes swab antigen di masa pandemi saat ini. Kegiatan ini akan dilakukan sampai masyarakat sadar serta paham betul akan bahaya virus corona dan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sumbawa.

(akn/ega)