Viral

Kasus Felicia-Kaesang Masuk Jenis Ghosting yang Mana Ya?

dtv - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 09:23 WIB
Kaesang klarifikasi hubungan dengan Felicia
Tangkapan layar video klarifikasi Kaesang (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Konsultan Cinta Lex dePraxis mengatakan ada berbagai macam penyebab ghosting, seperti dalam kasus hubungan Felicia dan Kaesang. Masalah ghosting antara Felicia dan Kaesang bisa berasal dari internal maupun eksternal.

"Penyebabnya bisa macam-macam. Kita bahas penyebabnya internal dulu ya, yang internal bisa saja karena ada kesulitan membangun hubungan, misalnya ya salah satu pihak merasa kesulitan ngomong. Lelah, miskomunikasi, atau ada perbedaan yang begitu besar, ya misal nilai atau prinsip hidup gitu kan, atau mungkin juga target hidup. Ada juga yang misalnya banyak konflik, itu kita bicara internal semua," ujar Lex dalam program Viral di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Pasangan kemudian susah ngobrol atau kesulitan berkomunikasi sehingga salah satu di antara mereka malas melanjutkan hubungan karena tidak ada solusi. Lalu ada yang menarik diri pelan-pelan dan akhirnya menghilang alias ghosting.

Kemudian penyebab ghosting eksternal tidak selalu karena kemunculan orang ketiga. Ada pengaruh lingkungan, perubahan pola pikir, atau orang-orang terdekatnya.

"Misalnya si orang ini masuk ke dalam kerjaan baru, ya kan misalnya dia dimutasi atau pindah ke lokasi baru. Akibatnya, dia jadi punya perbedaan minat. Dia jadi orang yang berbeda saat ini. Dia jadi belajar ilmu baru, dia baru lulus dari misalnya sebuah studi tertentu. Nah, keluar dari situ, dia merasa jadi lebih pinter, lebih apa. Jadi pemikirannya sudah berbeda, berubah. Maka minatnya juga berubah," terang Lex.

"Bisa juga ada tekanan dari teman-teman. Ini dari luar nih, semuanya dari luar, bukan dari hubungan itu sendiri, tapi dari luar. Misalnya temen-temen bilang, 'Ya, masa sih ada di hubungan kayak gini', atau 'Ada yang lebih bagus di luar sana', atau bisa juga dari keluarga yang ngomong ini, ngomong itu, segala macem. Jadi dari internal hubungan bisa mempengaruhi, dari eksternal hubungan juga bisa mempengaruhi," tambahnya.

Lex berpendapat ghosting sebenarnya tidak benar-benar mendadak. Pasti ada masalah-masalah yang menumpuk, sehingga akhirnya ghosting terjadi.

Nah, untuk hal ini, belum ada blak-blakan dari Kaesang. Sang kakak, Gibran, meminta adiknya menyelesaikan masalahnya sendiri.

"Ndang dirampungke (segera diselesaikan)," ujar dia dalam kesempatan terpisah di Solo.

Tonton video program Viral 'Studi Kasus Kisah Cinta Kaesang-Felicia' di bawah ini:

(gah/gah)