Kebumen Bakal Bangun Shrimp Estate Akhir 2021

Rinto Heksantoro - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 22:41 WIB
Pemkab Kebumen
Foto: Pemkab Kebumen
Kebumen -

Mimpi Kabupaten Kebumen untuk mendirikan kawasan Industri perikanan terpadu di wilayah pesisir selatan sepertinya bakal benar-benar terwujud di bawah kepemimpinan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih. Pembangunan kawasan itu rencananya bakal dilaksanakan pada akhir tahun 2021 ini.

Hal ini terlihat dengan rencana Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang akan melakukan groundbreaking pembangunan Shrimp Estate atau Tambak Udang Modern di wilayah selatan Kebumen pada Desember 2021.

"Alhamdulillah ada kabar baik dari Pemerintah Pusat, pihak KKP rencana akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan kawasan industri perikanan berbasis Shrimp Estate di pesisir selatan Kebumen pada Desember mendatang," kata Arif Sugiyanto usai menggelar zoom meeting bersama Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan TB Haeru Rahayu, Kamis (27/5).

Zoom meeting tersebut digelar di Gedung F Komplek Setda Kebumen. Hadir Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.

Arif menjelaskan, Pemkab sendiri sudah menyiapkan lahan seluas 100 hektare untuk membangun kawasan industri tersebut. Tak tanggung-tanggung anggaran yang disiapkan dalam proses pembangunan ini mencapai Rp 1 triliun dari pemerintah pusat.

"Proses pembangunannya nanti di tahun berikutnya pada 2022. Secara administrasi kita sedang menyiapkan semua agar syarat-syaratnya terpenuhi. Dan kawasan indusutri bisa segara dibangun," jelasnya.

Dengan adanya kawasan industri perikanan ini, ucap Arif, akan menambah PAD kabupaten dan bisa menyerap tenaga kerja baru, serta bisa menumbuhkan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

Arif menyebut produktivitas tambak udang berkontribusi hingga Rp 400 juta per tahunnya terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Kebanyakan tambak udang vaname di Kebumen masih menggunakan teknologi semi intensif dan belum modern, sehingga perlu dikembangkan.

Dengan Shrimp estate ini diharapkan Kebumen bisa menjadi pelopor budi daya udang modern di Indonesia dengan hasil produksi yang melimpah dan berkualitas tinggi. Sebab ada campur tangan teknologi dan perencanaan bisnis yang matang dalam pelaksanaannya.

(ega/ega)