Cerita Awal Corona di Indonesia

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 12:22 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: Ilustrasi virus Corona (Getty Images/BlackJack3D)
Jakarta -

Corona sudah mewabah di Indonesia setahun lebih. Cerita virus awal Corona di Indonesia bermula dari kasus Corona di Depok.

Cerita awal Corona di Indonesia dimulai dengan dua kasus Corona di Depok, Jawa Barat. Menteri Kesehatan RI saat itu, Terawan Agus Putranto menjelaskan kasus ini bermula ketika satu di antara dua warga itu kontak dekat dengan WN Jepang yang ternyata terbukti positif COVID-19 saat melakukan pemeriksaan di Malaysia.

Diduga awal Corona di Indonesia terjadi pada malam Valentine. Berikut kronologisnya.

Terjadi kontak antara WN Jepang yang tinggal di Malaysia. Kontak dengan WNI karena pasien adalah teman dekatnya. Keduanya berdansa.

Mulai Begejala

Pada 16 Februari 2020, setelah WN Jepang kembali ke Malaysia, rekannya yang seorang WNI merasa tidak nyaman. Sudah alami batuk sehingga berobat jalan.

Ibu Pasien Tertular

Selanjutnya pada 22 Februari, ibu dari pasien mengeluh sakit.

Status Orang dalam Pengawasan

Keluhan batuk yang dialami tak kunjung hilang. Saat kembali ke rumah sakit, ia meminta dievaluasi karena bercerita sempat kontak dengan WN Jepang. Statusnya menjadi orang dalam pengawasan dan pasien dalam pengamatan pada 26 Februari.

Dirujuk ke Sulianti Suroso

Dapat telepon bahwa rekannya yang WN Jepang positif COVID-19 di Malaysia. Pasien langsung dipindahkan ke RSPI Sulianti Saroso.

Dinyatakan Positif Corona

Awal Corona di Indonesia pun dimulai. Dua pasien dinyatakan positif pada 1 Maret. Presiden Joko Widodo mengumumkan dua kasus ini keesokan harinya.

Jokowi menyebut ada dua orang warga negara Indonesia yang dinyatakan positif terkena virus Corona. Dua orang itu tertular dari warga negara Jepang yang sepat ke Indonesia pada Februari 2020.