Cara Solat Gerhana Bulan, Ini Bedanya dengan Sholat Wajib

Rahma I Harbani - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 11:12 WIB
Ratusan Jemaah Ikuti Sholat Gerhana di Masjid Namira
Foto: Eko Sudjarwo/Cara Solat Gerhana Bulan, Ini Bedanya dengan Sholat Wajib
Jakarta -

Gerhana bulan total telah memasuki fase puncaknya kemarin (26/5/2021) pada pukul 18.09 hingga 20.51 WIB. Beberapa umat muslim menyambutnya dengan melaksanakan sholat gerhana bulan.

Hal ini sejalan dengan hadits tentang anjuran mengerjakan sholat gerhana bulan yang diriwayatkan oleh Bukhari:

حَدَّثَنَا أَبُو الوَلِيْد قَالَ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ قَالَ حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ عِلَاقَةِ قَالَ سَمِعْتُ الْمُغِيْرَةُ بْنِ شُعْبَةِ يَقُوْلُ اِنْكَسَفَتْ الشَّمْسُ يَوْمَ مَاتَ اِبْرَاهِيْمُ فَقَالَ النَّاسُ اِنْكَسَفَتْ لِمَوْتِ اِبْرَاهِيْمُ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَأَيَتَانِ مِنْ أَيَاتِ اللهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُواهُمَا فَادْعُوا اللهِ وَصَلّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ

Artinya: "Telah menceritakan kepada kami, Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami, Zaidah berkata, telah menceritakan kepada kami, Ziyad bin 'Ilaqah, dia berkata: "Aku mendengar Al-Mughirah bin Syu'bah berkata, "Telah terjadi gerhana matahari ketika wafatnya Ibrahim. Kemudian Rasulullah Saw bersabda, "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan ia tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka berdoalah kepada Allah dan dirikan salat hingga (matahari) kembali nampak." (H.R. Al-Bukhari).

Tentunya dalam pelaksanaan sholat gerhana bulan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan tertentu. Selain itu, menyesuaikan pula dengan tata cara pelaksanaan sholat gerhana bulan yang sedikit berbeda dengan sholat wajib.

Lantas, apa bedanya?

Sholat gerhana bulanmemiliki perbedaan dengan sholat wajib lima waktu dalam pelaksanaannya. Mengutip dari pernyataan tertulis Kementerian Agama kepada wartawan, dalam pelaksanaan sholat gerhana bulan tidak didahului dengan adzan dan iqomah.

Masih dikutip dari sumber yang sama, adapun tata cara pelaksanaan sholat gerhana bulan secara lengkap adalah sebagai berikut.

Tata Cara Sholat Gerhana Bulan
1. Berniat di dalam hati;
2. Takbiratul ihram yaitu bertakbir sebagaimana salat biasa;
3. Membaca do'a iftitah, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang lain sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih);
4. Kemudian ruku';
5. Kemudian bangkit dari ruku' (i'tidal);
6. Setelah i'tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat lain. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama;
7. Kemudian ruku' kembali (ruku' kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku' sebelumnya;
8. Kemudian bangkit dari ruku' (i'tidal);
9. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku', lalu duduk di antara dua sujud, kemudian sujud kembali;
10. Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka'at kedua sebagaimana rakaat pertama, hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya;
11. Salam;
12. Mendengarkan khutbah dari imam.

Itu tadi perbedaan sholat gerhana bulan dengan sholat wajib lima waktu beserta tata cara pelaksanaannya. Semoga bermanfaat.

Simak video 'Gerhana Bulan Total, Warga Ciamis Gelar Takbiran dan Salat Berjemaah':

[Gambas:Video 20detik]



(nwy/nwy)