Polres Tangsel Gagalkan Peredaran Narkoba Senilai Rp 2,6 M Jaringan LP

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 10:34 WIB
Polres Tangsel gagalkan peredaran narkoba Rp 2,6 M jaringan lapas
Polres Tangsel gagalkan peredaran narkoba Rp 2,6 M jaringan lapas. (Rakha/detikcom)
Tangerang Selatan -

Kepolisian Polres Tangerang Selatan (Tangsel) mengungkap peredaran narkotika lintas provinsi. Dari jaringan ini, polisi menyita barang bukti sabu dan ganja senilai Rp 2,6 miliar.

"Apabila dikonversi dalam bentuk uang narkotika ini untuk sabu berjumlah Rp 2,5 miliar kemudian untuk ganjanya berjumlah Rp 140 juta rupiah. Apabila sabu dan ganja dikonsumsi oleh generasi-generasi kita ini akan merusak sekitar 20 ribu orang," ujar Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan, Kamis (27/5/2021).

Delapan tersangka ditangkap dalam kasus ini, yakni IR, RL, RN, AA, PC, AR, AY, dan R. Dari delapan tersangka ini, polisi mengamankan barang bukti 2,6 kilogram sabu dan 140 kilogram ganja kering.

Lebih lanjut, Iman menjelaskan jaringan peredaran narkotika tersebut dikendalikan seorang narapidana di Lapas Gunung Sindur.

"Jaringan lintas provinsi yang dikendalikan dari lapas, jadi mereka melakukan transaksi dengan narapidana di salah satu lapas," jelas Iman.

Polres Tangsel gagalkan peredaran narkoba Rp 2,6 M jaringan lapasDelapan tersangka jaringan narkoba ditangkap dalam kasus ini. (Rakha/detikcom)


Akan Diedarkan ke Jabodetabek


Kasat Narkoba Polres Tangsel Iptu Julius Quili dalam kesempatan yang sama menjelaskan peredaran narkotika tersebut berasal dari Sumatera dan nantinya akan diedarkan di sekitar wilayah Jabodetabek.

"Semua barang dari Sumatera. Masuk ke Jakarta ini akan disebar di Jabodetabek, jadi sebelum masuk Jakarta sudah kami tangkap," ujar Julius.

Terhadap para pelaku, polisi menjerat Pasal 111 dan 112 serta 114 UU 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana minimal 6 tahun penjara dan maksimal 20 tahun atau seumur hidup. Denda minimal Rp 1 miliar dan maksimal Rp 10 miliar.

(mea/mea)