Round-Up

Menanti Hasil Investigasi 2 Guru di Sultra Wafat Usai Vaksinasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 22:08 WIB
Ilustrasi Vaksin COVID-19
Foto: Dok. Kaspersky
Kendari -

Dua guru di Sulawesi Tenggara (Sultra) wafat seusai vaksinasi COVID-19. Kedua guru itu bernama La Hinu (58) dan Wa Ode Nurmiati (42).

La Hinu langsung tidak sadarkan diri setelah beberapa jam disuntik vaksin COVID-19, sementara Wa Ode meninggal dunia beberapa hari setelah vaksinasi.

Berikut ini peristiwa wafatnya 2 guru setelah divaksinasi:

La Hinu Tetap Disuntik Meski Ada Diabetes

La Hinu merupakan seorang guru di SMPN Baubau, Sulawesi Tenggara. Vaksinasi terhadap La Hinu disebut dilakukan pada Kamis (20/5/2021).

Anak sulung La Hinu, Rahmat (35), mengatakan saat itu La Hinu awalnya berangkat ke sekolah sebelum pukul 08.00 Wita. Pihak keluarga yakin La Hinu tidak akan divaksinasi karena punya riwayat diabetes. Pihak keluarga pun menyayangkan tindakan petugas vaksinasi yang tetap menyuntik La Hinu.

BPOM Setujui Penggunaan Darurat CoronaVac, Seberapa Cepat Herd Immunity Bisa Tercapai?CoronaVac (ABC Australia)

"Yang vaksin itu tim dari Puskesmas Wolio. Alasannya itu mereka vaksin karena sudah di-screening dan gula darahnya normal. Lalu ada juga penerima vaksin sebelumnya yang menderita diabetes sama seperti riwayat bapak saya tapi tidak ada masalah, sehingga bapak saya divaksin," katanya.

La Hinu divaksinasi bertepatan dengan jadwal kontrol ke rumah sakit. La Hinu kemudian tiba di rumah sekitar pukul 11.30 Wita. La Hinu dilarikan ke RS Siloam sekitar pukul 13.30 Wita dalam kondisi tidak sadarkan diri.

"Tahun 2019 sampai 2020 itu bapak saya kontrol sama dr Lukman. Nanti setelah beliau jadi Kepala Rumah Sakit Baubau, baru bapak saya kontrol di dokter lain. Kami sayangkan kenapa pasien punya riwayat diabetes tapi diloloskan untuk divaksin," ujarnya. Lukman merupakan jubir Satgas COVID-19 Baubau.

Dilihat detikcom dari surat bukti vaksinasi, terlihat nama vaksin yang digunakan adalah CoronaVac dengan nomor batch 24002721.

Bagaimana kronologi guru bernama Wa Ode meninggal dunia usai divaksinasi? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2