Pendaftaran Komponen Cadangan Pertahanan Dibuka untuk 2.500 Orang

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 17:56 WIB
Rapat terkait komponen cadangan
Rapat terkait komponen cadangan (Dok. Kementerian Pertahanan)
Jakarta -

Komponen Cadangan (Komcad) akan mulai merekrut warga untuk pertama kalinya. Di angkatan pertama, perekrutan fokus diadakan di Pulau Jawa.

"Tahap pertama ini fokus di kodam yang berada di Jawa: Kodam Jayakarta, Kodam Siliwangi, Kodam Diponegoro, Kodam Brawijaya," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan), Dahnil Anzar Simanjuntak kepada detikcom, Selasa (25/5/2021).

Dahnil menyebut kapasitas dalam perekrutan pertama ini berjumlah 2.500. Pendaftaran dapat dilakukan dengan online.

"Perekrutan tahap pertama sebanyak 2.500 orang dari unsur ASN, BUMN/S, dan mahasiswa. Online di web komcad.kemhan.go.id atau wa 08990170845. Pendaftaran online sudah dibuka," jelas Dahnil.

Pembukaan pelatihan Komcad sendiri direncanakan dibuka pada 21 Juni mendatang. Dahnil menambahkan, syarat untuk mendaftar bergabung di Komcad adalah berusia 18-35 tahun.

"Usia 18-35, di mana tahap pertama khusus untuk ASN, BUMN/S dan mahasiswa. Dan tentu lulus seleksi," ucap Dahnil.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menyampaikan pihaknya segera membuka pendaftaran Komcad pertahanan. Seleksi Komcad terdiri atas beberapa tahapan.

Dalam keterangan resmi di situs Kemhan yang dikutip pada Rabu (5/5), perihal Komcad ini disampaikan dalam rapat koordinasi Panitia Pusat Pembentukan Komponen Cadangan yang dilaksanakan di Aula Bela Negara lantai 8 G. R. Soeprapto, Ditjen Pothan Kemhan, Jakarta, Selasa (4/5). Rapat dipimpin Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha.

Rapat koordinasi Panitia Pusat Pembentukan Komponen Cadangan ini dimaksudkan mengetahui kesiapan pihak-pihak terkait dalam rencana pembukaan pendaftaran komponen cadangan matra darat. Masing-masing pihak yang terkait dalam rakor ini memaparkan kesiapan proses perekrutan Komponen Cadangan dari tahap pendaftaran, tahap pendidikan dan pelatihan, sampai pelantikan.

Seleksi penerimaan diadakan pada minggu I, II, dan III bulan Juni 2021. Sedangkan pendidikan pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan akan dimulai sejak minggu ke-4 bulan Juni sampai September 2021.

Adapun seleksi Komcad telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 3 Tahun 2021 tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) hingga Komponen Cadangan, serta ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Bila merujuk ke Pasal 49 ayat 1, pembentukan komponen cadangan dari unsur warga negara akan dikelompokkan menjadi komponen cadangan matra darat, laut, dan udara. Adapun seluruh komponen ini akan dipersiapkan untuk membantu negara dalam kondisi darurat di bawah ancaman perang atau bencana alam.

"Pembentukan komponen cadangan sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) terdiri atas tahapan: pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan," demikian bunyi Pasal 49 PP ayat 2.

Lebih lanjut di Pasal 54 PP, bagi warga yang lolos seleksi menjadi Komcad diwajibkan untuk mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan. Dilanjutkan pada Pasal 55 ayat 2, pelatihan dasar kemiliteran tersebut akan dilakukan pada lembaga pendidikan di lingkungan TNI atau kesatuan TNI.

Simak juga 'Pasukan Terpilih dari Fisik yang Gagah dan Menarik':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/fjp)