Ini Amalan yang Pertama Kali Dihisab di Hari Kiamat

Kristina - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 17:15 WIB
kiamat
Foto: via Brainberries
Jakarta -

Hari kiamat adalah hari yang dijanjikan kedatangannya oleh Allah SWT. Pada hari ini, seluruh amal perbuatan manusia akan dipertanggungjawabkan di hadapan Sang Pencipta.

Peristiwa hari kiamat dijelaskan dalam beberapa surat di Al Quran. Salah satunya pada Al Qari'ah yang artinya:

"Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas." (QS. Al Qari'ah: 1-11).

Mengenai waktu datangnya hari kiamat tak seorang pun mengetahuinya kecuali Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya pada surat Al Araf ayat 187:

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS. Al Araf: 187).

Hari kiamat disebut juga dengan Yaumul Hisab atau hari perhitungan. Segala amal perbuatan manusia selama hidup di dunia akan dihisab pada hari itu juga. Lalu, apa amalan yang pertama kali dihisab di hari kiamat oleh Allah?

Dalam sebuah hadits riwayat Tirmidzi dari Abu Hurairah yang disebutkan juga oleh An Nasa'i, dikatakan bahwa amalan yang pertama kali dihisab adalah sholat. Adapun Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta'ala berfirman, 'Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.' Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya." (HR. Tirmidzi dan An Nasa'i).

Melihat pentingnya amalan sholat dalam hari perhitungan, maka sudah sepantasnya umat Islam memperbaiki sholatnya. Imam Abu Wafa dalam bukunya 'Panduan Sholat Rosulullah 1' mengatakan, sholat merupakan ibadah yang dilakukan untuk menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT. Di dalam sholat terdapat dzikir dan doa-doa yang dipanjatkan kepada-Nya.

Sholat merupakan penolong baik selama di dunia maupun di akhirat. Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 45 sebagai berikut,

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Artinya: "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'," (QS. Al Baqarah: 45).

Demikianlah penjelasan tentang amalan yang pertama kali dihisab di Hari Kiamat. Jadi jangan pernah tinggalkan sholat ya sahabat hikmah.

(nwy/nwy)