Skadron Tempur Lanud Pekanbaru Latihan Terbang Malam, Langit Bergemuruh

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 11:55 WIB
Latihan terbang malam Skadron Tempur TNI AU (Foto: dok Kapentak Lanud)
Latihan terbang malam Skadron Tempur TNI AU (Foto: dok. Kapentak Lanud)
Pekanbaru -

Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, menggelar latihan terbang malam. Latihan di tengah gelap gulita itu untuk meningkatkan kemampuan semua penerbang TNI AU hingga membuat langit bergemuruh.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Andi Kustoro, mengatakan latihan terbang malam dilakukan Skadron 12 dan Skadron 16 Wing 6. Latihan digelar selama empat hari dimulai tadi malam, Senin (24/5).

"Terbang malam ini untuk meningkatkan keahlian, meraih kemampuan profesiensi para penerbang. Termasuk kesiapan ground crew pesawat TNI AU dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan dan ancaman serta pelanggaran wilayah udara Indonesia oleh pihak lain di siang atau malam hari," kata Andi Kustoro, Selasa (25/5/2021).

Andi Kustoro mengatakan latihan terbang malam dilaksanakan secara periodik agar terus melatih, mengasah, dan meningkatkan kemampuan penerbang, khususnya semua penerbang di Skuadron Udara 12 dan 16.

"Selain melibatkan teknisi dan kru dari Skadron Udara 12 dan 16, terlibat juga unsur personel pendukung penerbangan lainnya yang merupakan implementasi dari aplikasi pelaksanaan program kerja Lanud Roesmin Nurjadin," katanya.

Lewat latihan night flight (terbang malam) di wilayah udara Lanud Roesmin Nurjadin, Andi berharap profesionalitas penerbang bisa ditingkatkan. Termasuk meningkatkan kesiapan operasi, latihan terbang malam yang meliputi navigasi, intersepsi malam dan night air combat tactic.

"Saya berharap kepada seluruh penerbang dan pendukung untuk bisa melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, tetap memperhatikan keselamatan terbang agar seluruh rangkaian latihan dapat terlaksana dengan aman," pungkas Danlanud.

Selama latihan, tercatat ada 2-3 sortie pesawat tempur terbang malam di langit wilayah Lanud Roesmin Nurjadin. Hal ini membuat langit Pekanbaru dan sekitarnya bergemuruh pada malam hari.

(ras/mae)