Pria di Bali Diciduk Polisi Usai Diduga Hina Agama Hindu

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 16:38 WIB
Pria di Bali diciduk usai diduga menghina agama Hindu (Sui/detikcom).
Pria di Bali diciduk usai diduga menghina agama Hindu (Sui/detikcom)
Denpasar -

Seorang pria di Bali berinisial RF (23) ditangkap oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bali. Dia diduga menghina Agama Hindu di sosial media dengan akun orang lain yang sudah diretas.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, pada Kamis, 6 April 2021, anggota Subdit V Ditreskrimsus Polda Bali melakukan penyelidikan lanjutan terhadap keberadaan pelaku di wilayah Jembrana. Kemudian dilakukan penangkapan terhadap tersangka," kata Kasubdit V Cybercrime Ditreskrimsus Polda Bali AKBP I Gusti Ayu Putu Suinaci di Mapolda Bali, Senin (24/5/2021).

Suinaci mengungkapkan, pada 12 Maret 2021, beredar postingan viral di beberapa media sosial. Postingan viral tersebut diunggah pertama kali oleh akun Facebook beranama Ardi Alit yang berisikan tangkapan layar akun Facebook bernama Abdullah Pulukan Bali.

Dalam tangkapan layar yang diunggah tersebut tertulis sebuah kata-kata penghinaan terhadap agama Hindu.

"Postingan tersebut telah menimbulkan kegaduhan, baik di lingkungan masyarakat maupun di dunia maya," kata Suinaci.

Dari adanya postingan tersebut, tim siber Polda Bali langsung melakukan penyelidikan ke berbagai sumber, baik secara konvensional maupun di dunia maya. Dari hasil penyelidikan diperoleh informasi bahwa akun Ardi Alit telah diambil orang dan sudah tidak bisa diakses dari 29 Januari 2021.

"Bahwa sesuai pengakuan pemilik, akun 'Ardi Alit' aku tersebut diambil oleh pelaku karena pemilik sebelumnya sempat membuka link website yang diterima dan diminta untuk memasukkan e-mail/nomor telepon beserta password Facebook di dalam website tersebut," terang Suinaci.

Dari hasil interogasi, diketahui bahwa tersangka melakukan phishing dan membuat postingan dengan mengatasnamakan akun Abdilah Pulukan Bali. Pelaku membuat akun Facebook menyerupai Abdilah Pulukan Bali dengan menggunakan foto yang sama dengan akun asli.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.