Pangdam Jaya Tinjau Latihan Pertempuran Prajurit di Yonif Mekanis 201/JY

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 14:10 WIB
Pandam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman
Pandam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (Foto: Sachril/detikcom)
Jakarta -

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman meresmikan sarana pertempuran kota Batalyon Infantri (Yonif) Mekanis 201/Jaya Yudha, Jakarta Timur. Tak hanya meresmikan, Dudung juga datang untuk melihat latihan pertempuran pasukan Yonif Mekanis 201/JY.

Mayjen Dudung tiba di Yonif Mekanis 201/JY, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Jaktim, Senin (24/5/2021) sekitar pukul 10.45 WIB. Dia pun disambut jajarannya yang telah tiba lebih dulu.

Dudung langsung menuju tempat latihan pertempuran pasukan. Dia menarik kain hitam di gapura bertuliskan 'Sarana Latihan Pertempuran Yonif Mek 201/JY' sebagai tanda awal peresmian tempat latihan pertempuran Yonif Mekanis 201/JY.

Pandam Jaya Mayjen TNI Dudung AbdurachmanPandam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman Foto: Sachril/detikcom

Dudung menempati tempat yang telah disediakan untuk menyaksikan latihan para prajurit. Sejumlah prajurit memakai peralatan lengkap datang dan melakukan latihan menembak. Sambil mendengarkan narator, Mayjen Dudung memperhatikan demonstrasi pertempuran ini.

Para pasukan ini berlari, menembak, dan meledakkan sebuah objek. Setelah itu, sebuah panser anoa tiba. Sejumlah prajurit keluar dari kendaraan taktis dan melakukan demonstrasi pertempuran.

Usai melihat demonstrasi pertempuran, Dudung menandatangani prasasti 'Sarana Latihan Pertempuran Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha'. Dia juga mengapresiasi prajurit yang terlibat dalam demonstrasi latihan pertempuran itu.

"Untuk saya lihat evaluasinya sudah sangat bagus saya lihat, terutama masalah fisik. Prajurit tadi dalam waktu tempuh yang relatif singkat, kemudian dari capaian hasil menembak tadi, rata-rata di atas 80 persen. Ini sudah bagus sekali," kata Dudung di lokasi.

Dudung menyebut demonstrasi pertempuran ini ada lima tahapan. Para prajurit, kata dia, menunjukkan aksi bagaimana mengatasi situasi dan kondisi yang sulit di tengah pertempuran.

"Saya memang sampaikan kepada para komandan bahwa keberhasilan dan kemenangan itu berasal dari keberanian untuk mengubah sesuatu yang baru. Artinya, silahkan kembangkan, namun dari pengembangan ini tentunya juga kita akan laporkan kepada pimpinan angkatan darat dan ini sudah dikomunikasikan dengan pusnip sebagai pembina kecabangan untuk taktik bertempur, khususnya di dalam menembak," katanya.

"Saat ini Kodam Jaya baru memiliki satu sarana dan prasarana yang kita buat di (Yonif Mekanis) 201. Nanti akan kita kembangkan di 202 maupun 203," tambahnya.

Tonton juga Video: Viral Tank TNI Halau Pemudik, Faktanya untuk Latihan

[Gambas:Video 20detik]




(sab/fas)