Niat Puasa Ganti Ramadhan & Ketentuannya Bagi yang Menjalankan

Kristina - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 14:10 WIB
Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan?
Foto: iStock

4. Dalam keadaan darurat

Orang yang dalam keadaan darurat dan terpaksa harus membatalkan puasa, maka diwajibkan baginya untuk mengganti puasa yang luput tersebut di hari lain.

5. Orang yang batal puasa

Orang yang batal puasa baik disengaja maupun tanpa sengaja wajib mengganti puasa di waktu lain. Adapun orang yang batal puasanya karena sebab seperti muntah, keluar mani, makan dan minum secara sengaja dan hal-hal lain yang membatalkan puasa, maka ia wajib mengganti sebanyak hari yang ditinggalkan.

Para ulama sepakat, apabila orang makan dan minum karena lupa maka hal tersebut tidak membatalkan puasa. Sehingga, tidak ada kewajiban mengqada baginya.

Sementara itu, orang yang tidak sengaja melakukan kesalahan yang menyebabkan puasanya batal seperti kesalahan dalam melihat waktu, maka diwajibkan baginya untuk mengganti puasa. Seperti contoh menyangka waktu masih malam lalu dia makan dan minum dengan niat sahur, ternyata diketahui bahwa sudah terbit fajar, maka ia harus berpuasa di lain waktu.

Niat puasa ganti Ramadhan

Menurut Imam Syafi'i dan Maliki sebagaimana dikutip dari buku 'Rahasia Puasa Menurut 4 Mazhab' oleh Thariq Muhammad Suwaidan, puasa merupakan menjaga dari segala yang membatalkannya sejak fajar shadiq hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu dan disertai niat.

Kedua imam tersebut berpendapat bahwa niat merupakan rukun puasa. Sementara imam Hanafi dan Hanbali mengatakan niat merupakan syarat puasa. Menurut keempatnya, niat boleh dilakukan sejak terbenamnya matahari. Sementara imam Hanafi, Syafi'i, dan Hanbali menambahkan boleh dilakukan hingga fajar hari berikutnya jika puasa fardhu.

Berikut bacaan niat puasa ganti Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin 'an qadhā'I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT."


(nwy/nwy)