Round-Up

Serba-serbi Hari Pertama Jalur Khusus Road Bike di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 20:15 WIB
JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang diuji coba sebagai lintasan road bike mulai hari ini. Sejumlah pesepeda pun ramai-ramai datang untuk bersepeda di jalur tersebut
Road Bikers jajal JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang diuji coba sebagai jalur road bike. Uji coba tersebut dilakukan pada Minggu (23/5) pagi.

Beberapa road bikers merasa senang dan bahagia dengan uji coba JLNT tersebut. Namun, ada pula berita duka, yakni salah satu road bikers meninggal dunia.

Begini serba-serbi hari pertama uji coba jalur khusus road bike:

Pesepeda Non Road Bike Lintasi JLNT

Banyak Sepeda Non Road Bike Lintasi JLNT Kampung Melayu (Foto: Tiara Aliya/detikcom)Foto: Banyak Sepeda Non Road Bike Lintasi JLNT Kampung Melayu (Foto: Tiara Aliya/detikcom)

Banyak pesepeda non-road bike yang juga melintas di jalur JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. Mereka yang bersepeda non-road bike terdiri dari muda-mudi hingga dewasa. Ada yang menggunakan sepeda gunung ataupun sepeda lipat.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptari mengakui belum ada larangan bagi sepeda non-road bike berkendara di JLNT. Namun demikian, pihaknya sudah menyediakan jalur sepeda tersendiri bagi kriteria ini.

"Memang di awal kami tidak menyarankan untuk kendaraan selain road bike masuk ke jalur JLNT karena untuk sepeda selain road bike sudah disediakan jalur yang selama ini digunakan, yaitu jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin atau di ruas jalan lain," kata Rudy, Minggu (23/5/2021).

Ganjar Pranowo Ikut Jajal JLNT

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut gowes road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. JLNT itu pagi ini diuji coba sebagai lintasan road bike.Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut gowes road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. JLNT itu pagi ini diuji coba sebagai lintasan road bike (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut mencoba bersepeda road bike di JLNT tersebut. Dia terlihat memakai sepeda road bike berwarna hitam lengkap dengan atributnya.

Dia mengapresiasi adanya uji coba lintasan road bike ini. "Kemarin ada acara di sini ketemu teman-teman sepeda bahas sepeda, kita cobain anu yo, Pak, jalan baru katanya. Wah, keren banget, sepi, bagus," jelasnya.

Road Bikers Happy

Seorang road bikers asal Jakarta Selatan bernama Nadine (24) menceritakan pengalamannya bersepeda di atas JLNT ini. Dia mengapresiasi kebijakan Pemprov DKI Jakarta dengan mengizinkan road bike masuk JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang saat akhir pekan.

JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang diuji coba sebagai lintasan road bike mulai hari ini. Sejumlah pesepeda pun ramai-ramai datang untuk bersepeda di jalur tersebutJLNT Kampung Melayu-Tanah Abang diuji coba sebagai lintasan road bike. Sejumlah pesepeda pun ramai-ramai datang untuk bersepeda di jalur tersebut (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)

"Kalau menurut saya sih ini bagus ya karena ini isinya pesepeda doang kalau misalnya di Jalan Sudirman kan ada yang lari, ada yang sepedanya juga fun bike, ada mobil, kalau ini kan khusus pesepeda jadi orang-orang yang mau ngebut di jalur yang mana yang orang-orang yang mau pelan di jalur yang mana," kata Nadine.

Road bikers lain bernama Sasha (24) menikmati bersepeda di sepanjang JLNT. Dia pun membandingkannya sewaktu melintasi Jalur Sepeda Permanen Sudirman-Thamrin yang kerap menemui hambatan.

"Dengan kita lewat jalur sepeda ini jadi aman banget buat pengguna sepeda karena jujur aja selama ini kan kalau jalur sepeda Sudirman itu walaupun punya jalur khusus sepeda tapi kan ada potong-potongannya, banyak belokan-belokan jadi banyak juga hambatan harus ngerem atau masih ada motor, ada orang jalan kaki dan lain-lain," jelas Sasha.

Namun, ada pula kabar duka di hari pertama uji coba JLNT khusus road bike. Baca selengkapnya di halaman berikutnya