Suasana Uji Coba Road Bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 07:45 WIB
Uji Coba Jalan Layang Non Tol Bagi Pesepeda Road Bike
Foto: Uji Coba Jalan Layang Non Tol Bagi Pesepeda Road Bike (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba penggunaan road bike di sepanjang jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang. Begini situasinya pagi ini.

Pantauan detikcom per pukul 07.00 WIB di lokasi, tepatnya di titik putar balik JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang di depan City Walk Sudirman, Jakarta Pusat. Mayoritas pesepeda tiba dari arah Kampung Melayu berputarbalik di titik ini.

Pesepeda yang menjajal road bike ini mayoritas muda mudi yang datang bergerombol. Puluhan petugas gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Kepolisian tersebar sekitar lokasi.

Barier oranye terpasang di sekitaran titik turun, putaran hingga titik naik flyover. Barier ini berfungsi memisahkan jalan antara pesepeda dan pengendara bermotor.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan penerapan uji coba kali ini demi memisahkan lintasan road bikers dengan pesepeda lainnya. Hal ini, sebutnya, perlu dilakukan mengingat road bikers melaju dengan kecepatan tinggi.

"Sebelum ada lintasan in para penggiat sepeda khususnya roadbikers itu mereka beraktivitas di ruang lalu lintas dengan kecepatan tinggi bersama-sama kendaraan bermotor. Sehingga aspek keselamatan, keamanannya terabaikan," kata Syafrin di lokasi, Minggu (23/5/2021).

Syafrin menyebut berdasarkan data kecelakaan pesepeda road bike cukup tinggi terjadi di jalan umum. Menurutnya angka vatalitas juga lumayan besar akibat kecelakaan sepeda tersebut.

"Banyak data yang kami kumpulkan di mana kecelakaan yang meningkat bagi para pesepeda cukup tinggi dengan angka vatalitas lumayan besar. Oleh sebab itu dengan adanya lintasan sepeda road bike merupakan bentuk pemerintah hadir di tengah animo masyarakat menjadikan sepeda alat olahraga maupun alat mobilitas harian," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, uji coba dimulai pukul 05.00 WIB sampai 08.00 WIB, Minggu (23/5/2021). Jalan layang nontol Kampung Melayu-Tanah Abang akan digunakan untukroad bikesampai putar balik arah barat-barat di bawahflyoverDr Saharjo.

Lihat Video: Kata Polri soal Ujicoba JLNT Casablanca untuk Road Bike

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)