MUI Setuju Saran JK soal Kotak Amal untuk Palestina: Jangan Hanya Diplomasi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 22:40 WIB
gedung MUI
Foto: MUI (Grandyos Zafna)

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyerukan agar setengah penghasilan kotak amal masjid disumbangkan untuk warga Palestina. Solidaritas ini diserukan untuk membantu warga Palestina yang banyak kehilangan tempat tinggal pascagempuran Israel beberapa waktu lalu.

"Jadi Pak JK lewat Dewan Masjid Indonesia menyerukan solidaritas Al-Qudus yang juga Gaza, yang mana warganya itu mengalami kehilangan tempat tinggal, kerusakan bangunan, dan perlu uluran tanganlah," kata Sekjen DMI Imam Addaruquthni kepada wartawan, Sabtu (22/5/2021).

Dia menjelaskan seruan ini muncul karena Al-Aqsa termasuk kiblat umat Islam. Tempat tersebut termasuk tempat suci bagi umat Islam.

"Al-Aqsa itu termasuk tempat suci umat Islam. Kiblat pertama umat Islam. Bagaimanapun, itu tempat suci," ujarnya.

Setengah Kotak Amal

DMI membuat rekening khusus untuk solidaritas ini. Masjid diserukan untuk menyisihkan setengah penghasilan kotak amal untuk solidaritas ini sekali saja. Hasil sumbangan itu nantinya akan langsung disalurkan langsung oleh JK ke Palestina.

"DMI membuat rekening khusus solidaritas Al-Qudus dan juga Gaza itu. Resminya hanya sekali saja. Setengah dari kotak amal diserukan untuk solidaritas. Bukan terus-menerus. Jadi nanti akan disalurkan sendiri oleh Pak JK ke Palestina. Bukan dititipkan sama yang nggak jelas," ungkapnya.


(maa/dwia)