Libur Lebaran, Vaksinasi Lansia di NTB Tetap Jalan

Nadhifa Sarah Amalia - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 21:28 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Vaksinasi lansia tetap dilaksanakan meski saat Idul Fitri. Vaksinasi dilakukan di Dusun Batu rimpang utara Desa Jembatan kembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

"Kegiatan Vaksinasi COVID-19 Sinovac ini merupakan Tahap I dan II, yang dilaksanakan oleh UPT BLUD Puskesmas Jembatan Kembar kepada lansia," ungkap Kapolsek Lembar,Polres Lobar, Polda NTB, Iptu Boy Purnomo, dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/05/2021).

"Tetap dikebut, sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam Program Lomba Kampung Sehat Jilid II, dalam menuntaskan vaksinasi Lansia," jelasnya.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Kegiatan vaksinasi dilakukan terhadap 30 orang. Adapun 17 di antaranya menerima vaksin dosis kedua, sedangkan 13 lainnya menerima dosis kedua.

"Awalnya menyasar kepada 50 orang, yang berhasil divaksinasi 30 orang, sedangkan 20 orang lainnya mengalami penundaan," ujarnya.

Kegiatan vaksinasi mengacu kepada standar prosedur yang telah ditetapkan. Diawali dengan melakukan sterilisasi ruangan dilanjutkan dengan proses registrasi. Setelah vaksinasi selesai dilaksanakan, maka observasi dilakukan selama 30 menit. Lalu, mereka akan diberikan kartu tanda telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 sesuai dengan aplikasi screening.

"Dilakukan screening pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah serta diagnosis penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes dan ginjal guna memastikan keamanan dalam vaksinasi COVID-19," jelasnya.

Untuk vaksin COVID-19 produksi Sinovac, terdapat 11 vial dimana 3 vial terpakai dan 8 vial tersisa di UPT BLUD Puskesmas Jembatan Kembar. Sisa Vaksin tersebut, disimpan ditempat khusus gudang obat-obatan di Puskesmas Jembatan Kembar Kec. Lembar Kab. Lobar dengan suhu di bawah 8 derajat celcius.

"Karena sudah sesuai dengan jadwal, jadi bagaimanapun situasinya, ini tetap kita kebut, sehingga kegiatan vaksinasi bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan," pungkasnya.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB
(mul/mpr)