Ngeri! Ular Sanca 4 Meter Muncul dari Plafon Rumah Warga di Jakbar

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 18:50 WIB
Ular muncul di plafon rumah warga di Jakbar
Ular muncul di rumah warga Jakbar (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Seekor ular sanca muncul dari plafon rumah salah satu warga di Kembangan, Jakarta Barat (Jakbar). Panjang ular itu mencapai 4 meter.

Salah seorang warga, Angga, menceritakan ular tersebut berada di plafon rumah tetangganya bernama Kosasih. Kosasih disebut mendengar ada suara dari plafon saat hendak mengambil air wudu di kamar mandi.

Dia mengatakan, berselang beberapa jam, plafon rumah terbuka. Hal itu diduga terjadi karena tubuh ular yang berukuran besar.

"Jadi itu rumah tetangga saya. Istri Pak Ustaz, Pak Ustaz-nya udah meninggal. Jadi si istrinya itu mau salat Subuh tadi pagi itu plafon pojok talang air goyang-goyang. Udah gitu, tiba-tiba pas tadi jam 06.30 WIB, plafonnya kebuka, agak turun, karena berat kali karena ularnya gede," kata Angga saat dihubungi, Sabtu (22/5/2021).

Kosasih kemudian memanggil adik iparnya dan meminta pertolongan Angga untuk menelepon petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). Dia mengaku sempat mengambil foto di lokasi karena curiga ada ular.

"Dia manggil adik iparnya kenapa tuh kebuka. Nah, manggil-lah saya, karena saya kerja di kelurahan kan. Saya telepon temen saya Damkar. Sebelumnya, saya foto dulu nih kayaknya ada ular, ini ular sanca," ujarnya.

Angga menuturkan pihak Damkar tiba tak berapa lama setelah ditelepon. Saat plafon dibuka, ular tersebut terlihat besar dan melilit kayu plafon.

"Saya kabarin Damkar Kembangan. Saya tunggu nggak lama sih, nggak sampai 15 menit, datang pemadam kebakaran. Kita buka tuh plafonnya. Ulernya nggak bisa ke mana-mana karena plafonnya sempit, ularnya gede, ngelilit. Jadi nggak ke mana-mana," tuturnya.

Ular muncul di plafon rumah warga di JakbarUlar muncul di plafon rumah warga di Jakbar (Foto: dok. Istimewa)

Angga menyampaikan ular tersebut berbobot puluhan kilogram saat ditimbang. Setelah dievakuasi, ular dibawa pihak Damkar.

"Ukuran ularnya kurang lebih 4,5 meter. Ularnya gede, beratnya saja saya timbang bisa 20 kilogram. Kita saja angkat sampai berempat. Ularnya dibawa damkar. Nanti nggak tahu selanjutnya pihak damkar bawa ke mana itu," ucapnya.

Angga mengatakan penemuan ular bukan kali pertama terjadi di wilayahnya. Sebelumnya, kata Angga, ular jenis kobra juga pernah terlihat di sekitar tempat tinggalnya.

"Dulu sempat ada juga ular kobra di sekitar sini tapi nggak ketangkap karena susah cepat sih larinya," tuturnya.

Kepala seksi Damkar Jakarta Barat Eko Sumarmo mengatakan proses evakuasi ular berlangsung kurang dari 30 menit. Evakuasi dilakukan oleh 1 unit personel damkar terdiri atas empat orang.

"Terima berita 07.15 WIB, unit tiba 07.23 WIB, selesai 07.40 WIB," kata Eko.

Simak juga 'BKSDA Sultra Evakuasi Tiga Ular Sanca yang Muncul di Rumah Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)