Andi Arief soal Pilpres 2024: Ada Endorsement Jokowi Vs Kemandirian Partai

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 15:10 WIB
Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief ditangkap polisi karena kasus narkoba. Begini perjalanan Andi Arief dari mahasiswa hingga tersangkau narkoba.
Andi Arief (Pool)

Sebelumnya, ARSC merilis hasil survei capres 2024 terfavorit. Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada pada urutan teratas, disusul Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di bawahnya.

Survei ARSC juga menyampaikan bahwa publik tidak mendukung wacana amandemen perubahan masa jabatan presiden. Berdasarkan survei, publik tidak lagi membayangkan Jokowi tampil di Pilpres 2024 atau memerintah selama tiga periode.

Peneliti ARSC Bagus Balghi menyampaikan 'faktor Jokowi' menjadi penting dalam pemilihan capres mendatang. Jokowi juga dinilai publik bisa menjadi 'king maker' pada kontestasi capres berikutnya. Bagus mengatakan pemilih mempertimbangkan sosok capres yang menjamin berlanjutnya program-program Jokowi.

"Dari hasil survei ini Presiden Jokowi dinilai publik menjadi 'king maker' yang dapat mempengaruhi publik untuk menentukan siapa yang akan menjadi presiden 2024," kata Bagus.


(run/dnu)