3 Ulama Indonesia Ini Pernah Jadi Imam dan Khatib Masjidil Haram

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 14:59 WIB
Posisi mimbar khatib di Masjidil Haram yang diserang ( Twitter @ReasahAlharmai)
Posisi mimbar khatib di Masjidil Haram yang diserang ( Twitter @ReasahAlharmai)
Jakarta -

Nama imam dan khatib Masjidil Haram Syeikh Bandar al-Baleelah menjadi perbincangan setelah akan diserang seorang pria. Posisi imam dan khatib di Masjidil Haram juga pernah diduduki oleh para ulama Indonesia.

Dikutip dari buku 'Ulama-Ulama Nusantara yang Mempengaruhi Dunia' yang ditulis oleh Thoriq Aziz Jayana, ada tiga ulama Indonesia yang pernah menjadi imam dan khatib di Masjidil Haram, Mekah. Mereka adalah Syeikh Junaid al-Batawi, Syeikh Nawawi al-Jawi al-Bantani, dan Syeikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi.

Syeikh Junaid al-Batawi merupakan ulama terkemuka Indonesia yang pengaruhnya pada abad ke-19 sangat besar. Dia menetap di Mekah selama 60 tahun sejak 1834. Syeikh Junaid, yang berasal dari Betawi, sempat menimba ilmu di Haramain.

Jejak Syeikh Junaid kemudian diikuti oleh muridnya, Syeikh Nawawi al-Jawi al-Bantani. Syeikh Nawawi berasal dari Banten. Selain dikenal sebagai imam di Masjidil Haram, dia dikenal sebagai ulama tasawuf pengampu komunitas Jawi.

Selanjutnya, ada nama Syeikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi, yang berasal dari Minangkabau. Syeikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi juga dikenal sebagai guru dari pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan dan pendiri NU, KH Hasyim Asyari.

Khatib Masjidil Haram Diserang

Sebelumnya, seperti dilansir Gulf Today, Sabtu (22/5/2021), ada pria yang berusaha menyerang khatib Syekh Baleelah. Pria yang tidak diketahui identitasnya itu telah diamankan petugas keamanan yang berjaga di sekitar mimbar sebelum sempat melancarkan serangannya.

Simak juga 'Sosok Syeikh Baleelah, Khatib yang Diserang di Masjidil Haram':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2