Survei ARSC: Prabowo, Mega, hingga AHY Jadi Ketum Parpol Layak Capres 2024

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 13:14 WIB
Jakarta -

Perkumpulan Kader Bangsa dan Akar Rumput Strategi Consulting (ARSC) merilis hasil survei ketua umum (ketum) partai politik (parpol) yang layak menjadi calon presiden (capres) 2024. Ada lima nama ketum parpol yang mengemuka.

Hasilnya, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh masuk dalam lima besar.

"Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri, Agus Harimurti Yudhoyono, Airlangga Hartarto, dan Surya Paloh adalah lima besar tokoh politik dari klaster ketua umum partai yang dinilai layak menjadi presiden 2024," kata peneliti ARSC Bagus Balghi dalam rilis virtual, Sabtu (22/5/2021).

Sementara itu, di posisi selanjutnya ada Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin disusul Ketum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Selanjutnya Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa berada di urutan terbawah.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti YudhoyonoKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (Wahyudi/20detik)

Survei dilakukan pada akhir April dan awal Mei 2021 melalui wawancara telepon dengan sampel acak bertingkat (multistage random sampling). Ada 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi.

Airlangga HartartoAirlangga Hartarto (Foto: dok. Kemenko Perekonomian)

Margin error kurang lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Usia pemilih muda minimal 17 tahun, 60 persen.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Blak-blakan, 10 Juli 2019Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Yulius Dimas Wisnu/20detik)

Selanjutnya, hasil survei soal ketum parpol yang layak capres 2024, lengkap: