Ketum PAN Zulhas Bicara Jika Papua Lepas dari Indonesia

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 17:49 WIB
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) berandai-andai jika Papua lepas dari Indonesia. Zulhas memprediksi akan muncul masalah baru jika Papua lepas dari Indonesia.

"Saya kira Papua ini memang penting. Harus mendapat perhatian yang ekstra, karena Papua ini begini. Kalau Indonesia tidak ada Papua ini problem. Tapi ini perlu direnungkan. Kalau Indonesia tidak ada Papua terus bagaimana? Bagaimana Aceh, bagaimana yang lain?" kata Zulhas dalam konferensi pers di kantor DPP PAN, Jl Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (21/5/2021). Zulhas menjawab pertanyaan soal isu korupsi di Papua.

Zulhas mengaku sering mengunjungi Papua. Menurutnya, Papua harus diberikan kepercayaan untuk mengurus daerahnya sendiri.

"Papua itu perlu diberi kepercayaan, jangan dilepas mega impor terus," sebut Zulhas.

PAN di Papua

Lebih lanjut, Zulhas mencontohkan bagaimana PAN membangun jaringan di Papua. Mantan Menteri Kehutanan itu menyebut PAN memberikan kepercayaan kepada kadernya yang asli Papua untuk membangun jaringan di sana.

"Kami, contoh ya, sederhana, PAN ini memang nasionalis religius, tapi basisnya Islam. Tapi jangan salah, saya (PAN) punya dua (anggota) DPR RI, bayangkan, dan saya di sana punya pimpinan DPRD provinsi. Karena apa? Saya percayakan orang-orang Papua. Dua DPR RI sektor Papua, orang papua di sini," jelasnya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.