Kumpul di Stasiun Gambir, Massa Aksi Bela Palestina Long March ke Kedubes AS

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 13:23 WIB
Aksi bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat hari ini
Massa aksi bela Palestina melakukan long march Kedubes AS, Jakpus. (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah elemen masyarakat dan mahasiswa kembali melakukan aksi bela Palestina di Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS), Jakarta Pusat (Jakpus). Massa yang semula kumpul di Stasiun Gambir, Jakpus, melakukan long march ke Kedubes AS.

Pantauan detikcom, sebagian massa berkumpul di dalam Stasiun Gambir, tepatnya di area parkiran mobil, Jumat (21/5/2021), pukul 12.33 WIB. Massa yang datang memakai busana muslim.

Pada pukul 12.44 WIB, massa bergerak ke luar stasiun dan berjalan mengarah ke Kedubes AS. Spanduk-spanduk besar dan bendera Palestina di bawa oleh massa.

Beberapa spanduk di antaranya bertulisan 'Free Palestina', 'Israel Langgar HAM', dan 'Stop!! Stroming Al-Qasa'. Massa aksi yang melakukan long march dari Stasiun Gambir ke Kedubes AS pun dikawal polisi.

Sesampai mereka di Kedubes AS, tepatnya di Jalan Medan Merdeka Selatan, sudah ada satu mobil orator. Massa yang tiba diminta orator menjaga jarak. Tali pembatas pun dipasang.

Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan arah Patung Kuda Arjuna Wijaya menuju Tugu Tani belum dialihkan.

Polisi, Brimob, TNI, Satpol PP, dan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) sudah berada di sekitar Kedubes AS untuk melakukan pengamanan.

Seperti diketahui, hari ini aksi massa membela Palestina atas serangan Israel terpusat di depan kantor Kedubes AS, Jakarta Pusat. Polda Metro Jaya telah menyiapkan 3.162 personel polisi untuk mengamankan aksi bela Palestina ini.

"Totalnya ada 3.162 personel kita siapkan terkait pengamanan demo hari ini yang menyangkut masalah Palestina," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat (21/5).

Simak juga 'Seruan Berapi-api Habib Rizieq Ajak Umat Islam Bela Palestina':

[Gambas:Video 20detik]



(sab/fas)