ADVERTISEMENT

Tentang Sholawat Nariyah: Sejarah, Bacaan dan Manfaatnya

Kristina - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 12:08 WIB
side of asian young beautiful muslim woman pray with beads and read quran sit on carpet mat with meditation in mosque.
Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4/Tentang Sholawat Nariyah: Sejarah, Bacaan dan Manfaatnya
Jakarta -

Banyak cara untuk mengungkapkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Salah satunya dengan membaca Sholawat Nariyah.

Sholawat merupakan salah satu bentuk doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW akan memberikan syafaat paling banyak kepada orang yang bersholawat padanya.

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

Artinya: "Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

Allah SWT juga telah memerintahkan hamba-Nya untuk bersholawat kepada Nabi SAW. Sebagaimana firman-Nya dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 56:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya:"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

A. Sejarah Sholawat Nariyah

Dikutip dari buku Rahasia Dahsyat Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah SAW, Sholawat Nariyah diciptakan Syekh Nariyah. Dia hidup pada zaman nabi Muhammad SAW dan termasuk salah satu sahabatnya.

Penulis M Kamaluddin menjelaskan, Syekh Nariyah banyak menekuni bidang ketauhidan. Dia melihat kerja keras Nabi SAW dalam menyampaikan wahyu Allah SWT, mengajarkan tentang Islam, amal shaleh dan akhlakul karimah.

Suatu malam Syekh Nariyah membaca sholawatnya untuk Nabi SAW sebanyak 4.444 kali. Ia mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk Rasulullah SAW. Setelah membaca, Allah SWT memberikan karomah padanya.

Dalam suatu majelis, Syekh Nariyah diceritakan meminta kepada Nabi Muhammad SAW agar dimasukkan surga pertama kali bersama Nabi SAW. Permintaan Syekh mendapat respon positif Nabi Muhammad SAW.

Nabi SAW berperan sebagai wasilah untuk melancarkan doa umatnya yang bersholawat kepadanya. Hingga kini, banyak yang membaca Sholawat Nariyah sebagaimana dilakukan Syekh Nariyah.

B. Bacaan Sholawat Nariyah

Berikut bacaan Sholawat Nariyah

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ

وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Arab-latin: Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju

Wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka

Artinya: "Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau."

C. Keutamaan membaca Sholawat Nariyah

Disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror, salah satu sholawat yang mustajab adalah Sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah. Orang Maroko menyebutknya sebagai Sholawat Nariyah yang dibaca jika ada hal yang diinginkan.

Sholawat ini juga dibaca saat berharap bisa menolak hal yang tidak disukai. Umat muslim dikatakan berkumpul dalam satu majelis, lalu membaca Sholawat Nariyah 4.444 kali. Atas izin Allah SWT keinginan dapat tercapai.

Dalam beberapa riwayat dikatakan, seseorang yang membaca sholawat atas Nabi SAW akan dimudahkan segala urusannya. Sebagaimana riwayat Ibnu Mundah,

Dari Jabir mengatakan Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah SWT akan mengijabahi 100 kali hajatnya, 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. (HR. Ibnu Mundah)

Sahabat hikmah, sholawat merupakan salah satu amalan yang disukai Allah SWT. Membacanya juga akan membuat hati tenang.

(row/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT