Round-Up

Geger Perumahan Warga Digeruduk Gegara Minta Toa Digeser

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 07:50 WIB
Warga di perumahan Tangerang protes soal toa masjid
Foto: Rakha Arlyanto/detikcom
Tangerang -

Perumahan Illago Paramount, Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, mendadak ramai didatangi warga pada Rabu (19/5/2021) malam. Gara-garanya, ada warga Perumahan Illago Paramount yang memprotes Toa di Masjid Al Fudollah di RT 02 RW 01 Desa Sangereng, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Meski begitu, aparat kepolisian dan TNI berhasil mengendalikan massa. Aparat keamanan membubarkan kerumunan massa di lokasi tersebut.

Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imanuddin memastikan tidak ada korban maupun kerugian materi yang ditimbulkan dalam peristiwa itu. Permasalahan tersebut telah dimediasi oleh pihak kepolisian.

"Sudah clear semalam (Rabu malam). Sejak kejadian juga sudah kita amankan dan tidak ada masalah. Yang protes juga sudah bikin permintaan maaf," kata Iman saat dihubungi detikcom, Kamis (20/5/2021).

Warga di perumahan Tangerang protes soal toa masjidWarga di perumahan Tangerang memprotes soal Toa masjid. (Rakha Arlyanto/detikcom)

Polisi telah mempertemukan pihak pengurus masjid dengan warga yang memprotes soal toa masjid tersebut. Warga yang memprotes toa, MR (43), menyampaikan permintaan maaf atas kejadian tersebut.

"Sudah minta maaf, yang bersangkutan sudah menyampaikan permintaan maafnya dan divideokan," kata Iman.

Gegara Minta Geser Posisi Toa

Iman meluruskan kejadian yang viral itu. Bermula, ketika MR, seorang sopir dari warga keturunan etnis tertentu yang tinggal di Illago Paramount, meminta pengurus masjid menggeser posisi Toa.

MR menyampaikan keluhannya merasa terganggu oleh suara Toa masjid tersebut. Awalnya, MR menyampaikan kepada pengurus masjid bahwa majikannya-lah yang merasa terganggu.

"Dia cerita ke pengurus masjid itu setiap pulang kerja lelah, corong masjidnya ke tempat dia, dia minta agar digeserin. Tapi yang dia sampaikan ke pengurus masjid ini beda, dia bilang bahwa majikannya yang terganggu," jelas Iman.

Namun belakangan MR mengakui yang protes itu bukan majikannya, melainkan dirinya sendiri.

"Tapi kita konfirmasi ke majikannya bilang, 'Saya nggak merasa bilang gitu, Pak'," jelas Kapolsek Kelapa Dua AKP Fredy saat dihubungi, Rabu (19/5/2021) malam.

Simak di halaman selanjutnya, penjelasan pihak pengurus masjid

Tonton Video: Permintaan Maaf Warga Tangerang yang Protes soal Toa Masjid

[Gambas:Video 20detik]