Surat Albert Einstein Kecam Zionisme Israel Ramai Lagi, Ini Isinya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 16:28 WIB
Saat Sang Profesor Julurkan Lidah: Kisah di Balik Foto Paling Ikonik Einstein
Fisikawan Albert Einstein (DW News)
Jakarta -

Beredar sebuah foto surat yang disebut ditulis oleh fisikawan pemenang hadiah Nobel, Albert Einstein. Dalam surat tersebut, Einstein mengecam orang-orang yang mendirikan negara Israel.

Mulanya, foto surat Einstein tersebut diunggah oleh Duta Besar Indonesia untuk Kanada, Abdul Kadir Jaelani, lewat akun Twitter-nya. Dia mengatakan bahwa surat tersebut ditulis Einsten untuk memperingatkan soal ancaman zionisme.

"Surat Albert Einstein yang memperingatkan ancaman Zionism," tulis Abdul Kadir, Rabu (19/5/2021).



Namun, apakah surat tersebut memang ditulis oleh Einstein?

Surat tersebut memang foto dari surat asli Einstein yang ditujukan kepada Direktur Eksekutif American Friends of the Fighters for The Freedom of Israel, Shepard Rifkin. Manuskrip surat tersebut dijual di toko lelang online internasional, salah satunya toko lelang Sotheby's.

Dalam laman situs Sotheby's, dijelaskan bahwa surat tersebut dikirim dari Mercer Street, Princeton, yang merupakan alamat kediaman Einstein.

Awalnya, Rifkin menulis surat ke Einstein untuk meminta bantuannya. Namun, Einstein menolak bergabung dengan kelompok tersebut.

Surat itu ditulis beberapa minggu sebelum negara Israel dideklarasikan, yakni 10 April 1948. Sedangkan negara Israel dideklarasikan pada 14 Mei 1948. Einstein secara keras menyebut kelompok gerakan Zionis yang ingin mendeklarasikan negara Israel itu sebagai organisasi teroris.

Begini isi lengkap suratnya:

Simak juga 'Blak-blakan Zuhairi Misrawi, Beda Jokowi-Erdogan Soal Palestina':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2