Anies Terbitkan Ingub Awasi Warga Pascamudik, Ada Istilah 'Micro-lockdown'

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 20:41 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Tiara Aliya/detikcom)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengintruksikan jajarannya melakukan pengawasan pascamudik Lebaran 1442 H. Pengawasan ini terhitung pada 15-30 Mei mendatang.

Hal ini tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 33 Tahun 2021 yang ditandatangi Anies Baswedan. Ingup ini ditujukan bagi 19 SKPD di lingkungan Pemprov DKI.

"Melaksanakan pengawasan dan pengendalian mobilitas penduduk dalam pencegahan penyebaran COVID-19 pasca Hari Raya Idul 1442 H/2021 M mulai dari 15 Mei sampai dengan tanggal 30 Mei 2021," demikian bunyi diktum kesatu yang dilihat, Selasa (18/5/2021).

Di dalam ingup tersebut, Anies menggunakan istilah 'micro-lockdown'. Dilihat detikcom, istilah ini disebut dalam arahan untuk Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Wali Kota/Bupati, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, dan para lurah.

Dalam arahan tersebut, Sekretaris Daerah diminta mengkoordinasikan para wali kota dan Bupati Kepulauan Seribu. Hal ini agar para wali kota dan Bupati Kepulauan Seribu melaksanakan sosialisasi mengenai prosedur pendataan warga yang melakukan perjalanan dan prosedur pelaksanaan micro-lockdown.

"Mengoordinasikan Para Walikota dan Bupati Kepulauan Seribu untuk melaksanakan sosialisasi mengenai prosedur pendataan warga atau masyarakat yang melakukan perjalanan dalam negeri pasca Hari Raya Idul Fitri, dan prosedur pelaksanaan micro-lockdown," tulisnya.

Meski demikian, Anies tak menjabarkan lebih lanjut apa yang dimaksud dengan 'micro-lockdown' ini. Hanya, dalam instruksinya, Anies memerintahkan agar para lurah melakukan pengawasan terhadap warga di tingkat RT/RW, khususnya bagi yang melakukan isolasi mandiri.

"Melakukan prosedur micro-lockdown di tingkat RT dalam hal ditemukan konfirmasi positif di atas 5 (lima) rumah/terdapat zona merah dan memastikan menjaga keamanan dan ketertiban warga/masyarakat di lokasi pengendalian skala mikro RT," jelasnya.

Simak video 'Warga DKI Wajib Tes Antigen Usai Mudik, Polsek Sediakan Gratis!':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)