detikcom Do Your Magic

Menelusuri Trotoar Median Jalan Kolong JLNT Kuningan yang Penuh Motor

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 17:39 WIB
Jakarta -

Trotoar di median jalan raya ini masih dipenuhi oleh kendaraan bermotor meski sudah ada portal S. Seharusnya, area tersebut adalah ruang terbuka dan aktivitas masyarakat tanpa area untuk sepeda motor.

Lokasi trotoar median jalan ini berada di bawah Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.

Jalur pedestrian ini merupakan bagian dari revitalisasi trotoar di area tersebut. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui akun YouTube-nya, mengunggah video berjudul 'Revitalisasi Jalur Pedesterian Satrio Casablanca'. Video tersebut adalah konsep penataan pedesterian dan ruang media Jl Prof Dr Satrio-Jl Casablanca.

Trotoar median jalan kolong JLNT Kuningan penuh motor.Trotoar median jalan kolong JLNT Kuningan penuh motor. Foto: Rakha Arlyanto Darmawan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tak hanya menata trotoar di pinggir jalan, namun juga di kolong tol JLNT Casablanca. Kolong JLNT Casablanca tak dibiarkan terbengkalai tapi dibuat jalur pedesterian dan beberapa ruang terbuka untuk berinteraksi.

detikcom Do Your Magic coba menelusuri area trotoar dengan berjalan kaki, dari depan Kuningan City hingga ke depan SPBU Shell pada Selasa (18/5/2021). Sepanjang kolong JLNT, lebih banyak pemotor yang memanfaatkan lokasi itu untuk parkir daripada aktivitas masyarakat. Mereka memaksa masuk melalui celah terbuka di sekitar tempat putar balik atau U turn.

Trotoar median jalan kolong JLNT Kuningan penuh motor.Trotoar median jalan kolong JLNT Kuningan penuh motor. Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom

Saat berjalan di kolong JLNT, pejalan kaki akan langsung bersinggungan dengan pemotor. Pemotor banyak nongkrong mulai dari seberang Mal Ambasador hingga di titik putar balik (U turn) seberang Ciputra World 1. Kondisi ini membuat jalur pejalan kaki semakin sempit.

Terdapat area seni di seberang Ciputra Enterpreneur berbentuk lingkaran. Di area itu, terdapat panggung dan ampiteater. Seharusnya, lokasi itu digunakan untuk pertunjukan seni seperti bermain musik. Namun, area ini terpantau sepi dan hanya diramaikan oleh sejumlah ojol yang tengah berisitirahat.

Panggung dan ampiteater seni di kolong JLNT Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan.Panggung dan ampiteater seni di kolong JLNT Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom

Ada juga area skate park, terpantau ada 2 orang yang sedang bermain skate di area ini. Lintasan skate terlihat cukup rapi, namun cat lintasan sudah tampak pudar.

Tumbuhan di sepanjang taman trotoar tampak rapi. Ada berbagai macam tumbuhan yang di tanam di sepanjang trotoar ini. Namun, banyak terlihat sampah berserakan di sisi trotoar. Sampah-sampah seperti gelas plastik, kantong plastik dan puntung rokok.

Area skateboard di median kolong JLNT Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan.Area skateboard di median kolong JLNT Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom

Untuk diketahui, Dinas Bina Marga DKI akan melakukan peninggian kanstin di sekitar titik putar balik kendaraan. Bukan hanya pemasangan kanstin yang lebih tinggi, Bina Marga juga akan memasang bollard (pasak) di lokasi ini supaya sepeda motor tak bisa lagi menerobos masuk.

"Memang masih ada beberapa pengguna motor yang memaksa masuk (pengamatan tadi pagi). Untuk posisi di titik u turn ini memang direncanakan peninggian kanstin dan pemasangan bollard jarak 60 cm," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugroho, Selasa (18/5) kemarin.

"Jadi setelah dikerjakan kemungkinan motor sudah nggak bisa lewat lagi," tambahnya.

(aik/dnu)