77 Ribuan Tes Corona untuk Pemudik, 264 Orang Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 16:25 WIB
Momen Lebaran tahun ini turut larang mudik lokal. Meski begitu, masih ada warga di Bandung yang tetap mudik untuk bersilaturahmi dengan keluarga saat Lebaran.
Foto: Lalin mudik lebaran di Bandung (Wisma Putra/Detikcom)
Jakarta -

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengungkap data tes Corona terhadap pelaku perjalanan selama libur Lebaran. Dari 77.068 kali tes, 264 orang dinyatakan positif Corona.

"Untuk testing sudah dilaksanakan sebanyak 77.068 kali dimana ditemukan 264 di antaranya positif atau hanya 0,34% dari pelaku perjalanan," kata Wiku dalam konferensi pers daring di akun Youtube BNPB, Selasa (18/5/2021).

Selain itu, selama libur Lebaran ada 122.899 orang yang ditegur terkait protokol kesehatan di tempat wisata. Angka ini meningkat 90% dari minggu sebelumnya.

"Pada periode libur Idul Fitri tanggal 12-15 Mei, terdapat total sejumlah 122.899 orang ditegur di tempat wisata secara nasional. Angka ini meningkat hingga 90% dari jumlah orang yang ditegur pada minggu sebelumnya," lanjut Wiku.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa DKI Jakarta menempati posisi paling rendah dalam kepatuhan prokes di tempat wisata dari 24 provinsi.

"DKI Jakarta menjadi Provinsi dengan kepatuhan protokol kesehatan di tempat wisata yang paling rendah. Yaitu hanya sebesar 27% orang yang patuh untuk menjaga jarak di tempat wisata," ungkapnya.

Dia juga mengungkap data kepatuhan memakai masker di tempat wisata. Bangka Belitung menjadi provinsi yang kepatuhan memakai maskernya paling rendah.

"Selanjutnya, jika dilihat dari data kepatuhan memakai masker di tempat wisata, Bangka Belitung menjadi provinsi yang kepatuhan yang memakai maskernya terendah, yaitu hanya 33%. Disusul oleh Sumsel 58% dan DKI Jakarta yang kepatuhannya hanya mencapai 60%," tuturnya.

Simak video 'Ada Pemeriksaan Covid-19 di Arus Balik, Pemudik: Bagus Sih, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/rdp)