Viral Emak-emak NTB Ngomel Berbahasa Inggris Saat Diminta Tak Berkerumun

Faruk - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 16:11 WIB
Mataram -

Sebuah video yang menunjukkan seorang emak-emak yang diduga pedagang di kawasan wisata Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengomel menggunakan bahasa Inggris beredar di media sosial. Emak-emak itu tampak mengomel lantaran ogah ditertibkan petugas.

Video itu berdurasi 29 detik. Dalam video itu, tampak emak-emak berjilbab yang terus mengomel menggunakan bahasa Inggris. Emak-emak itu enggan disuruh pulang dari pantai yang terlihat ramai dikunjungi.

"Come on you want take picture everyday, no problem," ujar emak-emak tersebut dalam potongan ujarannya berbahasa Inggris.

Dalam video itu, emak-emak tersebut terdengar ogah meninggalkan lokasi. Dia mengaku senang berada di tempat tersebut dan tidak peduli ketika difoto jutaan kali oleh petugas. Emak-emak itu bahkan meminta warga yang berada di pantai tetap berenang.

"Saya nggak pulang," kata emak-emak itu.

"Adik-adik, berenang, Adik-adik," lanjutnya.

Sementara itu, aparat yang menertibkan tampak tak peduli atas tingkah emak-emak itu. Para petugas tetap meminta warga pulang dan tidak berkerumun.

"Bapak, Ibu, pulang dulu," kata salah satu petugas lewat pengeras suara.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto membenarkan kejadian tersebut. Dia mengungkapkan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (15/5) lalu saat petugas sedang memberikan imbauan kepada warga yang berkerumun.

"Infonya anggota polisi sedang memberi imbauan kepada masyarakat lokal dan pedagang agar tidak berkerumun di sekitar pantai Kuta Mandalika guna menghindarkan dari penyebaran COVID-19 pada hari Sabtu kemarin," ujar Artanto saat dihubungi detikcom, Selasa (18/5/2021).

Artanto mengatakan persoalan tersebut tidak berlangsung lama. Warga dan para pedagang kemudian tetap mematuhi aturan yang diimbau petugas.

(mae/idh)