5 Amalan Umroh, Semoga Ibadahnya Mabrur dan Doa Dikabulkan Allah SWT

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 15:32 WIB
Dua masjid suci umat Islam, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan segera dibuka kembali di tengah pandemi Corona. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi umat islam di seluruh dunia.
Foto: Getty Images/Abid Katib/5 Amalan Umroh, Semoga Ibadahnya Mabrur dan Doa Dikabulkan Allah SWT.
Jakarta -

Amalan umroh jangan sampai tidak dilakukan para muslim yang sedang beribadah. Daftar amalan umroh bisa dilihat di Panduan Praktis Bimbingan Haji dan Umroh di situs Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pontianak.

Dalam panduan praktis karya Drs H Anshoruddin SH, MA, yang saat itu menjabat Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Barat, umroh beda dengan haji. Umroh bukan rukun Islam dan tidak sama layaknya haji.

Allah SWT telah mengingatkan hambaNya terkait umroh dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 196,

وَأَتِمُّوا۟ ٱلْحَجَّ وَٱلْعُمْرَةَ لِلَّهِ

Arab latin: Wa atimmul-ḥajja wal-'umrata lillāh

Artinya: "Dan sempurnakanlah ibadah haji dan 'umrah karena Allah."

Anshoruddin menjelaskan, haji atau umroh adalah kunjungan ke rumah Allah SWT untuk melakukan amalan. Berbagai amalan dilakukan untuk memenuhi perintah dan panggilan Allah SWT, demi mengharap ridhoNya.

Berikut daftar amalan amalan umroh:

1. Memakai pakaian Ihram

"Pakaian ihram untuk wanita adalah yang menutup seluruh aurat, kaos tangan, dan tidak boleh menutup muka. Pakaian dipakai sejak akan ihram sampai tahallul," kata Anshoruddin.

Untuk pria, pakaian ihram terdiri atas dua helai kain. Pakaian digunakan untuk sarung dan disampirkan pada kedua bahu. Pria tidak boleh menggunakan tutup kepala dan sepatu yang menutup mata kaki.

2. Ihram umrah

Untuk amalan ini dilakukan dengan membaca niat melakukan ibadah umroh dengan ucapan,

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بِعُمْرَةِ

Arab latin: Labbaika Allahumma bi 'Umrah

Artinya: "Aku sambut panggilanMu ya Allah dengan umrah."

Ihram harus dimulai dari miqat makani yang sudah telah ditentukan. Miqat makani atau tempat memulai bagi jamaah Indonesia yang naik pesawat udara adalah Qarnul Manazil atau Dzul-Khulaifah (Bi'ir Ali).

3. Thawaf

Amalan umroh thawaf adalah mengelilingi Ka'bah tujuh kali sambil dzikir dan berdoa. Posisi Ka'bah di kiri badan orang yang melakukan tawaf. Tiap putaran diawali dan diakhiri di garis coklat.

Posisi garis coklat tersebut adalah sudut Hajar Aswad. Thawaf adalah rukun umroh yang wajib dilakukan dalam kondisi suci, bebas dari berbagai najis dan hadits.

4. Sa'i

Amalan umroh berikutnya adalah sa'i yaitu berjalan tujuh kali, yang diawali di bukit Shafa dan diakhiri di Marwah. Perjalanan antara kedua bukit tersebut dihitung satu kali jalan.

Anshoruddin menjelaskan, laki-laki disarankan mempercepat langkah jika mampu. Sa'i termasuk dalam rukun umroh yang lebih utama dilakukan dalam keadaan suci dari najis dan hadits.

5. Mencukur atau memotong rambut

Jamaah umroh bisa mencukur rambutnya sendiri atau dibantu orang lain. Untuk jamaah perempuan, amalan umroh ini dilakukan dengan memotong sedikit rambutnya.

(row/nwy)