Pulang Mudik dari Brebes, Seorang Warga Jagakarsa Reaktif COVID-19

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 12:10 WIB
Rapid Antigen di Polsek Jagakarsa
Suasana Rapid Antigen di Polsek Jagakarsa, Jaksel (Dias/detikcom)
Jakarta -

Polsek Jagakarsa mengadakan swab antigen gratis bagi warganya yang baru saja melakukan mudik ke luar kota. Hasilnya, satu orang yang habis mudik dari Brebes, Jawa Tengah, reaktif COVID-19.

"Hasil hari ini yang kami monitor baru ada satu yang reaktif. Dia mudik ke Brebes, Jawa Tengah. Untuk reaktif ini kita pisahkan agar nanti kita koordinasi dengan 3 pilar untuk kita lakukan tracing dan treatment," ujar Kapolsek Jagakarsa Kompol Endang Sukmawijaya saat ditemui di Polsek Jagakarsa, Jalan Timbul Raya, Jakarta Selatan, Selasa (18/5/2021).

Setelah dinyatakan reaktif, kata Endang, warga tersebut langsung dipisahkan. Dia memastikan warga yang reaktif akan menjalani isolasi mandiri.

"Yang positif itu akan dilakukan untuk isolasi mandiri. Isoman ini ada tempat-tempat yang memang sudah disediakan oleh masing-masing kelurahan," tuturnya.

Rapid Antigen di Polsek JagakarsaKapolsek Jagakarsa, Kompol Endang Sukmawijaya (Dias/Detikcom)

Endang mengatakan ada 60 pemudik asal Jagakarsa yang di-swab antigen hari ini. Mereka yang melaksanakan mudik, dipasang stiker di rumahnya sebagai penanda oleh Polsek Jagakarsa.

"Kemarin kita melakukan pengecekan ke lapangan kepada masyarakat yang mudik. Kemudian kita kasih tanda semacam stiker rumahnya itu. Setelah dipasang stiker, kita arahkan warga masyarakat untuk dilakukan swab," jelas Endang.

Endang mengatakan ini merupakan kegiatan swab antigen kedua di Jagakarsa setelah kemarin dilakukan di Kelurahan Lenteng Agung. Pada pemeriksaan kemarin, tidak ada pemudik asal Jagakarsa yang reaktif virus Corona.

(zap/zap)