Ini Warna Kubah Masjid Al-Aqsa, Jangan Tertukar dengan Dome of the Rock

Kristina - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 11:56 WIB
Penutupan kompleks Masjid Al Aqsa diperpanjang hingga Ramadhan. Hal ini disebabkan oleh wabah pandemi virus Corona yang belum kunjung berakhir.
Foto: Getty Images/Ini Warna Kubah Masjid Al-Aqsa, Jangan Tertukar dengan Dome of the Rock
Jakarta -

Masjid Al-Aqsa yang terletak di Palestina memiliki kubah besar. Masjid itu berdekatan dengan bangunan kubah Shakhrah atau Dome of the Rock.

Masjid Al-Aqsa atau Masjidil Aqsa merupakan masjid suci yang memiliki sejarah penting dalam peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari buku Rahasia Rumah Tangga Rasulullah SAW karya Yola Hemdi, Masjid Al Aqsa menjadi tempat peristirahatan sementara Nabi SAW sebelum melanjutkan perjalanannya ke langit.

Nama Masjid Al-Aqsa disebut dalam Al Quran dan beberapa hadits nabi SAW. Sebagaimana dalam QS. Al Isra ayat 1 berikut ini:

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Dalam sebuah hadits Imam Ahmad, dikatakan bahwa masjid Al-Aqsa adalah masjid yang didirikan setelah masjid Al-Haram. Dari Abu Dzar dia bertanya kepada Rasulullah SAW:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّلُ قَالَ الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ قَالَ ثُمَّ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ يَعْنِي بَيْتَ الْمَقْدِسِ قَالَ قُلْتُ كَمْ بَيْنَهُمَا قَالَ أَرْبَعُونَ سَنَةً

Artinya: "Wahai Rasulullah, masjid apakah yang pertama diletakkan oleh Allah di muka bumi?" Beliau bersabda, "Al-Masjid Al-Haram". Abu Dzar bertanya lagi, "Kemudian apa?". Beliau bersabda, "Kemudian Al-Masjid Al-Aqsha". Berkata Abu Mu'awiyah "Yakni Baitul Maqdis". Abu Dzar bertanya lagi, "Berapa lama antara keduanya?". Beliau menjawab, "Empat puluh tahun". (H.R. Ahmad).

Kompleks Masjid Al-Aqsa terdiri dari beberapa bangunan dengan beragam kubah. Masjid ini berdiri di atas tanah kota Yerusalem, Palestina. Dalam kompleks tersebut, terdapat kubah besar berwarna emas, yaitu kubah Shakhrah.

Tak sedikit yang mengira bahwa kubah Shakhrah dengan warna kuning emas adalah kubah Masjid Al Aqsa. Padahal, keduanya berada pada bangunan yang berbeda.

Jika dilihat dari foto yang beredar di media, bentuk kubah masjid Al Aqsa dengan kubah Shakhrah nampak sama. Namun, yang membedakan adalah warnanya.

Dome of the rockDome of the rock Foto: Erwin Dariyanto

Dilansir dari buku Rahasia Masjidil Aqsha oleh Syed Azharul Asriq, kubah Masjid Al Aqsa berwarna biru. Jika melihat bangunan utama kompleks Al Aqsa yang bernama Al-Jami' Al-Aqsa maka akan akan nampak kubah berwarna biru tua.

Klik halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2