Polisi Sekat Akses ke Objek Wisata di Lombok Timur Selama Libur Lebaran

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 20:06 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio mengungkapkan pihaknya telah melakukan penyekatan kendaraan di sejumlah titik menuju lokasi wisata di Lombok Timur. Langkah yang dilakukan selama libur Pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 M ini merupakan upaya pencegahan penularan pandemi COVID-19.

"Kita melakukan tindakan penyekatan pengunjung yang masuk dan penutupan lokasi objek wisata sebagai upaya tindakan preventif dan persuasif guna mencegah penyebaran COVID-19," kata Tunggul dalam keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Adapun penyekatan yang dilakukan Polres Lombok Timur terdapat di sejumlah tempat, antara lain Perbatasan Lombok Tengah dan Lombok Timur di Desa Jenggik Kecamatan Terara dan Desa Sukaraja Kecamatan Jerowaru, Taman Wisata Lemor Kecamatan Suela akses menuju Wisata Sembalun, serta wilayah kecamatan lain yang memiliki tempat wisata.

Selain penyekatan, lanjutnya, personel Polres Lombok Timur juga melakukan imbauan dan sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan dan Lomba Kampung Sehat Jilid 2 NTB. Tunggul berharap dengan langkah ini masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

"Kami tidak akan segan untuk arahkan memutar balik pengendara, terutama pengunjung yang berasal dari luar Kabupaten Lombok Timur dan pengunjung yang kedapatan melanggar protokol kesehatan COVID-19," tegas Tunggul.

Polda NTB Foto: Polda NTB

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI, Pemerintah Daerah Lombok Timur, serta instansi terkait lainnya dalam melakukan pengamanan libur Pasca Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, pihaknya juga melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan potensi masyarakat.

Tunggul menilai apabila situasi ini tidak disikapi dengan serius, maka tidak menutup kemungkinan jumlah kasus positif COVID-19 bisa mengalami peningkatan selama libur panjang. Sebab menurutnya di lokasi objek wisata sangat berpotensi terjadinya kerumunan.

"Kami berharap masyarakat tetap di rumah meskipun libur, untuk memutus penyebaran virus COVID-19 di negara yang tercinta ini terutama di Kabupaten Lombok Timur," harapnya.

Polda NTB Foto: Polda NTB

Sementara itu, Kasubbag Humas Iptu Lalu Jaharudin berharap adanya upaya penyekatan yang dilakukan Kepolisian Resor Lombok Timur bersama jajaran dapat mengendalikan pandemi COVID-19 khususnya di Bumi Patuh Karya.

(akn/ega)