Pemberlakuan SIKM DKI Jakarta Berakhir Malam Ini

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 19:58 WIB
Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (Sahcril/detikcom)
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Mulai besok pemberlakuan SIKM (surat izin keluar masuk) sudah tidak berlaku lagi bagi warga DKI Jakarta yang akan keluar-masuk wilayah DKI Jakarta. Meski begitu, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut penyekatan tetap akan dilakukan..

"Pemberlakuan SIKM terakhir hari ini, sesuai SE Satgas Nomor 13 Tahun 2021," ujar Syafrin saat dimintai konfirmasi, Senin (17/5/2021).

Pemberlakuan SIKM akan berakhir pukul 24.00 WIB, sehingga nantinya mulai pukul 00.01 WIB sudah tidak lagi dibutuhkan SIKM untuk keluar-masuk wilayah DKI Jakarta. Meski begitu, Syafrin memastikan, proses screening dan penyekatan terhadap masyarakat yang hendak memasuki DKI Jakarta akan tetap dilakukan.

"SIKM berlaku pengaturan sampai hari ini pukul 24.00 WIB. Setelah itu, berdasarkan regulasi ini, otomatis tidak diberlakukan lagi SIKM. Tetapi kami tetap akan melaksanakan screening," kata Syafrin.

Hingga saat ini masih belum ada perubahan terkait masa berlaku SIKM yang berlaku dalam periode larangan mudik 6-17 Mei 2021. Syafrin menyebut regulasi terkait SIKM sudah ditetapkan berdasarkan Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 beserta adendumnya.

"Sampai saat ini kami masih berpedoman dengan regulasi yang ada. Setelah itu, berdasarkan regulasi, otomatis tidak diperlukan lagi SIKM," ucap Syafrin.

Meski sudah tidak diberlakukan lagi SIKM, nantinya pengawasan arus balik tetap akan dijaga secara ketat di beberapa titik, termasuk wilayah DKI Jakarta. Khusus di wilayah hukum polda di seluruh Indonesia nantinya akan diberikan stiker khusus yang ditempel pada masing-masing kendaraan.

Hal ini bertujuan untuk menandai bahwa kendaraan tersebut telah lolos pengecekan di beberapa pos penyekatan sebelumnya.

"Jika sudah ada stikernya, otomatis dia sudah diperiksa di pos penyekatan sebelumnya, sehingga yang bersangkutan boleh melintas. Sementara yang belum (ada stiker) akan dilakukan pemeriksaan," kata Syafrin.

"(Penyekatan) lanjut sampai 24 Mei," lanjutnya.

(maa/maa)