Tinjau Penyekatan Arus Balik, Kompolnas Minta Pemudik Tak Kucing-kucingan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 18:24 WIB
Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto (kemeja putih) di pos pemeriksaan surat bebas COVID-19 Tol Jakarta-Cikampek.
Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto (kemeja putih). (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meninjau langsung pos pemeriksaan surat bebas COVID-19 di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Km 34B. Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto mengapresiasi langkah aparat gabungan memberikan pelayanan rapid test di pos pemeriksaan.

"Atas nama Ketua Kompolnas dan semua komisioner menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolda, Bapak Dirlantas dan seluruh jajarannya, karena kami menemukan berbagai macam inovasi yang dilakukan. Ketika para pemudik akan keluar, tentunya yang dilakukan bagaimana pembatasan. Tapi, ketika pemudik pulang ke Jakarta bukan lagi pembatasan, tapi memastikan yang bersangkutan sehat, maka diberikan pelayanan test antigen," kata Benny kepada wartawan di pos pemeriksaan Tol Japek Km 34B, Jakarta, Senin (17/5/2021).

Benny mengimbau masyarakat tidak main kucing-kucingan agar lolos dari pos pemeriksaan. Karena sejatinya, kata Benny, masyarakat yang masuk ke Jakarta harus dalam kondisi sehat dan terbebas dari virus Corona.

"Oleh sebab itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak kucing-kucingan. Langsung saja datang untuk diperiksa test antigen. Sudah pasti sehat baru masuk ke Jakarta," kata Benny.

Benny meminta masyarakat tidak khawatir jika ternyata hasilnya reaktif virus Corona. Petugas di lapangan akan merujuk ke rumah sakit terdekat atau Wisma Atlet.

"Kalau memang positif akan dirujuk kepada rumah sakit yang terdekat atau ke Wisma Atlet, ini menurut saya bagus sekali dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan data terbaru menunjukkan ada 2.940 masyarakat yang diperiksa di 12 titik pemeriksaan. Dari jumlah tersebut, 6 orang diantaranya reaktif virus Corona dan telah dirujuk di rumah sakit setempat juga di Wisma Atlet

"Ya hasil evaluasi hari pertama kemarin dari jam 08.00 WIB pagi sampai 08.00 WIB pagi tadi berikutnya ada 2.940 warga masyarakat yang kita periksa di 12 titik pemeriksaan, 2.940 tersebut ada 6 orang yang positif dan langsung kita rujuk ada yang ke Wisma Atlet, ada yang dirujuk ke rumah sakit setempat yang telah ditunjuk oleh satgas COVID-19 daerah sesuai KTP nya masing-masing," ujarnya.

Sambodo menjelaskan data per pukul 12.00 WIB, ada 313 masyarakat yang sudah menjalani rapid test di pos pemeriksaan Tol Japek ini. Hasilnya, semua dinyatakan nonreaktif.

"Kemudian hari ini dari pagi tadi sampai break pertama ishoma jam 12.00 WIB ada 313 warga masyarakat yang kita periksa alhamdulillah semua hasilnya negatif," imbuhnya.

(whn/zak)