5 Komputer Disdukcapil Sorong Dicuri, Pelayanan Lumpuh

Antara - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 15:12 WIB
Kantor Disdukcapil Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, dipasang garis polisi, Senin (17/5), usai terjadi pencurian 5 unit komputer. (Foto Antara Papua Barat/ Ernes Broning Kakisina)
Kantor Disdukcapil Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, dipasang garis polisi, Senin (17/5), usai terjadi pencurian 5 unit komputer. (Foto Antara Papua Barat/ Ernes Broning Kakisina)
Sorong -

Kepolisian Resor (Polres) Sorong Kota menyelidiki kasus pencurian lima unit komputer pelayanan dokumen kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sorong pada masa libur Lebaran.

Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan mengatakan pihaknya telah menerima laporan kasus pencurian tersebut dan sedang melakukan penyelidikan.

Menurut dia, dari laporan yang diterima dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sorong, sebanyak lima unit komputer hilang dicuri. Satu unit di ruang sekretariat dan empat unit di ruang pelayanan publik.

AKBP Ary Nyoto mengatakan pihaknya telah turun ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kami juga telah memasang garis polisi pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Sorong agar masyarakat mengetahui ada peristiwa yang diselidiki," ujar AKBP Ary seperti dilansir Antara di Sorong, Senin (17/5/2021).

Dia menyampaikan untuk sementara pihaknya baru menerima laporan kehilangan komputer. Belum ada laporan kehilangan barang lainnya.

Ia menambahkan bahwa kehilangan komputer pelayanan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut berdampak tidak berjalannya pelayanan kepada masyarakat Kota Sorong.

Garis polisi terpasang di lokasi komputer-komputer yang hilang.

Pantauan Antara di kantor Disdukcapil Kota Sorong, satu per satu warga yang datang untuk mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan kembali pulang setelah membaca pengumuman yang ditempel oleh pihak Dinas pada tembok-tembok bangunan kantor.

Sehubungan dengan adanya insiden pencurian semua komputer pada loket pelayanan Disdukcapil Kota Sorong, pengurusan dokumen kependudukan belum bisa dilayani sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

"Dan menunggu sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Hanya bisa dilayani pengambilan dokumen kependudukan yang telah diurus pada minggu-minggu sebelumnya. Kami sangat mengharapkan pengertian dan kerja sama seluruh warga Kota Sorong untuk dapat memaklumi hal ini," demikian isi pengumuman yang ditempel di tembok-tembok bangunan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sorong.

Salah satu petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Sorong, Yanes, yang ditemui di halaman kantor mengatakan pengumuman ini dibuat oleh pihak dinas secara resmi agar diketahui masyarakat karena komputer pelayanan dicuri maling pada saat libur Lebaran.

(jbr/tor)