Hiii...! Ada 'Pocong' di Tangsel, Ingatkan Pemudik yang Balik untuk Tes Swab

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 14:28 WIB
Pocong-pocongan ikut ingatkan pemudik yang kembali ke Tangsel untuk diswab tes
Pocong-pocongan ikut mengingatkan pemudik yang kembali ke Tangsel untuk di-swab test. (Kadek/detikcom)
Tangerang Selatan -

Polisi melakukan pemeriksaan COVID-19 secara acak terhadap warga yang baru saja mudik di pos penyekatan Tangerang Selatan. Dalam pemeriksaan ini, polisi menghadirkan pocong-pocongan di pinggir pos untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya COVID-19.

Pantauan detikcom di pos pemeriksaan tes swab antigen Jalan Raya Pantura, Bitung, Tangerang, Banten, Senin (17/5/2021), tampak satu orang berdiri di pinggir jalan dekat pos. Orang tersebut didandani seperti pocong dengan papan digantung bertulisan 'Pemudik lebih baik diswab daripada seperti saya'.

"Ada pocong-pocongan di pinggir jalan yang ikut serta. Itu merupakan inovasi petugas di lapangan untuk mengingatkan kita semua bahwa COVID-19 berpotensi dapat menjadikan kita seperti yang ditampilkan tadi di pinggir jalan. Ancamannya nyata walaupun ini tidak kelihatan. Itu sebenarnya pesan yang ingin disampaikan petugas kami. Begitupun untuk yang bertugas sama-sama mengantisipasi dan mewaspadai COVID-19," kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imannudin di pos tes swab Bitung, Tangerang, Banten, Senin (17/5/2021).

Iman mengatakan hingga hari ketiga jalannya tes di pos tersebut, belum ada satu pun pemudik yang terkonfirmasi positif COVID-19. Total ada puluhan orang yang sudah di-swab hingga pukul 12.00 WIB.

"Ini hari ketiga kami di pos penyekatan melaksanakan tes swab antigen terhadap para pemudik yang kembali dari kampung halaman. Alhamdulillah hasil pengecekan sampai saat ini dari tim kesehatan Polres Tangsel belum menemukan pemudik yang reaktif COVID-19 berdasarkan tes swab antigen yang dilakukan. Saat ini sudah 40 yang kita lakukan tes terhadap pemudik," tuturnya.

Iman menyampaikan, bila ada warga yang hasilnya positif COVID-19 setelah dilakukan swab, akan dibawa ke tempat isolasi yang telah disediakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Iman berharap pos tes swab ini dapat membantu menekan laju penyebaran COVID-19 di wilayahnya.

"Kami lakukan tes, seandainya ditemukan reaktif, kami kirim ke rumah lawan COVID yang telah disediakan Pemkot Tangsel. Harapannya, dengan kegiatan yang dilakukan, Polri melakukan tes swab antigen mampu menekan penyebaran COVID-19 sehingga tidak lagi menyebar atau bertambah penyebarannya akibat dari kegiatan mudik yang dilakukan masyarakat kita," ujarnya.

Iman mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan secara selektif prioritas. Warga yang mengendarai kendaraan dengan pelat dari luar daerah serta kendaraan yang terlihat mengangkut banyak penumpang layaknya pemudik akan diperiksa dan dites swab.