3 Kisah Gempar Ular 7 Meter Mangsa Sapi Bulat-bulat

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 13:15 WIB
Ular Piton Sepanjang Tujuh Meter.
Ular sanca 7 meter di Maros (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kasus ular sanca memangsa sapi kembali terjadi. Kali ini terjadi di Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kasus serupa pernah terjadi di Maros pada Februari lalu. Warga dibuat gempar setelah mendapati ular sanca memangsa seekor sapi.

Kasus lain juga sempat terjadi Aceh. Ular yang juga dikenal dengan sebutan piton ini didapati memangsa seekor anak lembu.

Berikut 3 kisah gempar ular 7 meter memangsa sapi.

1. Ular Ditemukan Warga Saat Cari Porang di Hutan Maros

Ular sanca sepanjang 7 meter memangsa seekor anak sapi di Desa Baji Pamai, Kecamatan Cenrana, Maros, Sulsel. Ular tersebut lalu ditangkap warga.

Ular itu ditemukan seorang warga yang mencari porang di dalam hutan. Ular itu dalam kondisi tidak bisa bergerak setelah menelan anak sapi.

Ular Piton Sepanjang Tujuh Meter.Ular piton 7 meter di Maros. (Dok. Istimewa)

"Kita temukan dalam hutan tidak bisa bergerak lagi. Kami langsung tangkap, lalu kami bawa ke depan kantor desa," kata warga, Daera, saat ditemui di lokasi, Sabtu (27/2/2021).

Meski sudah tidak bisa bergerak, ular itu masih sempat melawan saat hendak ditangkap. Bahkan warga yang pertama kali melihatnya memanggil 7 warga lainnya untuk membantu.

"Delapan orang, kami tangkap itu ular karena masih sempat melawan, tapi tidak bisa lagi kabur karena keberatan badannya. Kepalanya kami tangkap, lalu kami bungkus, lalu dipikul ke sini," lanjutnya.

Ular piton itu sempat diletakkan di depan kantor desa. Warga berencana akan memberikan ular itu kepada pencinta reptil untuk dipelihara.

Warga takut ular tersebut kembali memangsa ternak. Ular tersebut membuat warga penasaran.

2. Piton 7 Meter Telan Lembu di Aceh

Kisah seekor ular piton 7 meter juga sempat bikin geger warga Aceh. Ular raksasa tersebut ditemukan tak bergerak di saluran irigasi.

Petugas evakuasi ular piton 7 meter di Aceh Besar yang memangsa anak lembu (dok BPBD Aceh Besar)Petugas evakuasi ular piton 7 meter di Aceh Besar yang memangsa anak lembu. (Dok. BPBD Aceh Besar)

Ada bagian membesar di badan ular tersebut karena diduga menelan mangsa seekor anak lembu.

"Ular itu ditemukan di irigasi Krung Kala, Kecamatan Lhoong Aceh Besar. Menurut warga, ular itu telah menelan seekor anak lembu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar Farhan kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Reptil itu telah dilepas kembali ke habitatnya usai ditangkap. Awalnya ular tersebut ditangkap petugas pemadam kebakaran (damkar).

Petugas yang dipimpin Hendri Gunawan meluncur ke lokasi setelah menerima laporan warga yang datang ke Pos Damkar BPBD Lhoong. Sebagian tubuh reptil itu tampak besar. Setelah lakukan pengamatan, petugas menangkap ular tersebut.

Proses evakuasi memakan waktu sekitar sejam. Setelah ular ditangkap, petugas damkar mengikat ular itu untuk dibawa menggunakan mobil.

"Ular tersebut telah dilepasliarkan kembali ke alam habitatnya," kata Farhan.

Dalam video yang dilihat detikcom, ular itu diturunkan dari mobil BPBD Aceh Besar di sebuah hutan di kawasan Aceh Besar. Sejumlah petugas pemadam kebakaran (damkar) tampak melepas tali pengikat ular.

Setelah itu, ular ditaruh di tanah. Ular tersebut tidak bergerak. Petugas kemudian mendorong ular ke bawah menggunakan kayu. Petugas damkar memastikan ular jauh dari jalan.

3. Sanca Membuncit Tak Bergerak di Hutan Maros

Ular sanca 7 meter kembali ditemukan di Maros, Sulsel. Ular tersebut ditemukan setelah menyantap seekor anak sapi.

Pria Lawan Ular Piton 7 Meter di Indragiri Hulu, RiauUlar piton 7 meter juga pernah ditangkap di Indragiri Hulu, Riau. (Risdawaty Nababan/Facebook)

Awalnya, ular itu ditemukan seorang warga yang hendak memetik nira. Ular itu bersembunyi di sela batu dalam keadaan tidak bisa bergerak karena perutnya yang buncit.

"Ada warga yang mau ambil nira buat gula. Terus kaget karena lihat ular besar begitu di sela batu. Terus melapor ke saya dan saya langsung ajak beberapa warga lagi untuk tangkap," kata Kepala Desa Rompegading, Muh Arfah, Minggu (16/05/2021).

Ular ditangkap warga di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Maros, Sulsel.

Delapan warga dikerahkan untuk mengangkat ular 7 meter yang sudah tidak berdaya itu keluar dari hutan. Ular dibawa menggunakan mobil pikap ke perkampungan.

Ular Piton 7 Meter Ditangkap Warga di Maros SulselUlar piton 7 meter ditangkap warga di Maros, Sulsel. (Moehammad Bakrie/detikcom)

"Baru kali ini juga kami lihat ada ular sebesar itu di sini. Karena memang sangat berat, saya ajak 8 orang warga untuk bantu angkat ke mobil pikap," lanjutnya.

Saat ditangkap, ular 7 meter itu bahkan sudah tidak bisa melawan. Warga pun langsung mengikatnya dengan tali lalu menyeret tubuhnya keluar dari celah batu.

Warga mengaku di wilayah itu memang kerap kehilangan ternak, dari ayam, kambing hingga anak sapi. Mereka pun telah lama curiga kalau hewan ternak mereka dimangsa oleh ular.

(jbr/idh)