Round-Up

Serba-serbi Arus Balik Lebaran 2021 Masuk DKI Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 05:30 WIB
Pemeriksaan di Pos Arus Balik Bekasi
Foto: Afzal/detikcom
Jakarta -

Beberapa hal terjadi selama arus balik lebaran 2021 pada Minggu (16/5). Peristiwa soal penyekatan bagi pemudik yang ingin kembali ke Jakarta masih menjadi hal utama.

Seperti diketahui, polisi telah menetapkan beberapa titik-titik penyekatan di masa larangan mudik dari 6 sampai 17 Mei 2012. Sampai saat ini, ratusan ribu orang telah diputar balik.

Sampai dengan Minggu, 16 Mei 2021, polisi telah berupaya untuk memastikan bahwa pemudik yang datang ke Jakarta tidak membawa virus Corona (COVID-19). Meskipun, penjagaan polisi tak hanya untuk pemudik yang ingin kembali ke Jakarta, tapi juga untuk yang ingin berwisata.

"Dua hari ini, yang diputar balik kebanyakan di konsentrasi tempat wisata karena overload, harus kita manage untuk supaya tidak terjadi kerumunan," ucap Kakorlantas Polri Irjen Istiono, kepada wartawan, Minggu (16/7/2021).

Berikut adalah serba-serbi arub balik lebaran hingga Minggu, 16 Mei 2021.

12 Titik Pos Penyekatan

Polda Metro Jaya akan menyiapkan 12 titik pos pemeriksaan arus balik. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pos pemeriksaan itu akan berlaku mulai besok hingga 7 hari setelah Lebaran. Namun, menurutnya, tidak tertutup kemungkinan pos pemeriksaan itu digelar hingga akhir Mei.

"Kalau ini (pos pemeriksaan arus balik) kita akan laksanakan paling tidak hingga sampai tujuh hari pertama Lebaran. Nanti menunggu kebijakan apakah sampai akhir bulan Mei," kata Sambodo di pos pemeriksaan Km 34B Tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (15/5/2021).

Dalam pos pemeriksaan arus balik itu, petugas akan memeriksa dokumen bebas COVID-19 dari pemudik berdasarkan hasil swab antigen 1x24 jam terakhir. Bagi yang tidak membawa, warga akan dites swab secara langsung di lokasi tersebut.

Untuk itu, Sambodo mengimbau kepada para warga yang kembali ke Jakarta untuk melakukan swab test terlebih dahulu.

"Datang ke Jakarta sudah membawa surat bebas COVID-19 sehingga, ketika ada pemeriksaan, dia tinggal tunjukkan. Kalau sudah seperti itu, kita tidak akan periksa," ujarnya.

Simak juga video 'Arus Balik, Pemudik Dites Antigen Acak di Jalur Pantura Subang':

[Gambas:Video 20detik]