Cak Imin: Pemerintah Harus Siapkan Langkah Jitu

Abu Ubaidillah - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 19:28 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar
Foto: PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menaruh perhatian khusus pada puncak arus balik Lebaran 2021. Diprediksi puncak arus balik berlangsung mulai hari ini, Minggu (20/5) hingga Kamis (20/5).

Dirinya berharap setiap masyarakat menaati anjuran dan aturan dari pemerintah, terutama bagi yang mudik dan ingin kembali ke wilayah tempat tinggal. Seperti di DKI Jakarta, pemerintah telah menetapkan syarat agar setiap pemudik wajib memiliki surat keterangan bebas COVID-19 yang berlaku 1x24 jam dari daerah asal mudik.

"Jangan sampai kita membawa penyakit ke dalam lingkungan kita,baik itu keluarga,maupun tempat kita bekerja,intinya jangan merugikan orang lain," kata Cak Imin, sapaan akrabnya dalam keterangan tertulis, Minggu (16/5/2021).

Pemerintah juga telah menyiapkan 12 pos titik penyekatan untuk melakukan pengecekan di antara Tol Cikampek-Jakarta, kemudian Jalan Rengas-Lemahabang, Jalan Raya Parung-Ciputat-Bojongsari, Jalan Raya Bogor, Pos Sasak Jarang, Pos Tomyang, dan Jalan Gatot Subroto, Bitung, Banten. Pemerintah juga menyiapkan tes cepat swab antigen drive-thru.

Menurut Cak Imin, pemerintah harus melakukan langkah antisipasi yang jitu. Seperti pada hari ini di jalur arteri Karawang menuju Jakarta, dari hasil tes acak (random cek) sebanyak 110 orang, ada 2 orang pengendara yang positif COVID-19.

"Ini benar-benar sangat berbahaya, mengancam jiwa banyak orang," katanya.

Cak Imin mengingatkan ini bukan hanya peran pemerintah saja, melainkan pemerintah daerah juga harus bersama-sama menjadi ujung tombak pencegahan COVID-19 agar semua terhindar dari bahaya virus Corona.

(ega/ega)