Cegah Wisatawan, Polisi Tutup Jalan Lingkar Selatan Cilegon Arah Anyer

M Iqbal - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 11:58 WIB
Cilegon -

Polisi menutup Jalan Lingkar Selatan (JLS), Cilegon Km 500 arah Anyer, Serang, Banten. Penutupan dilakukan untuk mencegah wisatawan pergi ke Pantai Anyer.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (16/5/2021), polisi memasang barrier untuk mencegah kendaraan melintas. Para pengendara diminta putar balik. Penutupan jalan itu dilakukan sejak pukul 09.00 WIB.

Kondisi arus lalu lintas di JLS, Cilegon ini tampak ramai. Beberapa mobil dengan sendirinya balik lagi ke arah Cilegon lantaran tak bisa melanjutkan perjalanan.

Sejumlah wisatawan lokal yang menggunakan pikap untuk berlibur ke Anyer pun tampak bingung saat jalan ditutup. Penutupan jalan sesuai dengan instruksi Gubernur Banten Wahidin Halim.

Sebelumnya, Pantai Anyer-Carita dan destinasi wisata lain di Banten ditutup sementara akibat menumpuknya pengunjung saat libur Lebaran. Penutupan ini dituangkan dalam Instruksi Gubernur Nomor 556/901-Dispar/2021 dan berlaku mulai Sabtu (15/5/2021) pukul 21.00 WIB hingga 30 Mei 2021.

Kebijakan penutupan destinasi wisata ini melihat perkembangan pengunjung ke beberapa objek wisata di Banten pada dua hari ini, yaitu 14-15 Mei 2021. Antusiasme pengunjung bisa menimbulkan kerawanan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

"Penutupan sementara destinasi wisata di Provinsi Banten mulai tanggal 15 Mei, pukul 21.00 WIB hingga tanggal 30 Mei 2021," kata jubir Satgas COVID-19 Banten Ati Pramudji Hastuti saat dimintai konfirmasi oleh wartawan di Serang, Sabtu (15/5).

Instruksi ini juga meminta bupati dan wali kota agar menutup destinasi wisata tersebut hingga tanggal yang ditentukan. Pemprov mempertimbangkan alasan bahwa pada hari ini telah terjadi kepadatan wisatawan yang ramai dan bisa menimbulkan klaster Corona dari wisatawan.

"Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata sangat padat dan ramai. Hal ini memicu timbulnya kerumunan yang akan berpotensi peningkatan kasus COVID-19 dari kluster wisata," ujarnya.

Beberapa objek wisata di Banten seperti Anyer dan Carita hari ini memang ramai dan padat dikunjungi wisatawan. Bahkan akses menuju pantai Anyer baik dari jalur arteri dan alternatif mengalami kemacetan.

Kendaraan mengular sepanjang 10 kilometer, khususnya di akses Mancak ke Anyer bahkan hingga jelang petang. Sedangkan wisatawan ke pesisir pantai di Carita harus dibubarkan oleh petugas karena abai protokol kesehatan dan berkerumun.

(man/man)