Wagub Minta Warga Jakarta Lapor RT-RW Usai Mudik

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 20:26 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria meminta warga Jakarta yang telanjur mudik untuk melaporkan diri ke RT-RW saat tiba di Jakarta. Nantinya RT-RW akan memasukkan data warga itu dalam aplikasi Data Warga.

"Mohon bantu kabari warga yang lain yah, terimakasih sebelumnya. Berikut pengumuman penting dari @dukcapiljakarta: Halo warga Jakarta, buat yang sudah di Jakarta, yuk laporkan kedatangan pada pengurus RT/RW agar bisa didata melalui aplikasi 'Data Warga' selama dua minggu ke depan," cuit Riza melalui akun Twitternya @ArizaPatria seperti dilihat detikcom, Sabtu (15/5/2021).

Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta melalui akun Twitternya @dukcapiljakarta mengatakan aplikasi tersebut akan memudahkan pihaknya melakukan pendataan warga yang kembali dari kampung halaman. Nama-nama warga yang terdata akan tercantum selama dua pekan di aplikasi Data Warga.

"Warga Jakarta, buat Anda yang sempat mudik ke kampung halaman dan sudah kembali ke Jakarta, yuk laporkan kedatangan anda kepada pengurus RT/RW agar bisa didata melalui aplikasi Data Warga selama dua minggu ke depan. Ini akan membantu kami untuk mendata penduduk yang sudah kembali ke Jakarta," cuit akun @dukcapiljakarta dilihat detikcom.

Dukcapil DKI Jakarta juga memberikan gambaran untuk masyarakat bagaimana cara melapor ke RT/RW. Pertama, warga diminta menemui RT/RW sesuai dengan alamat tempat tinggal mereka.

Selanjutnya pihak RT/RW akan menginput data warganya ke dalam aplikasi Data Warga. Setelah itu, data warga akan tersimpan dan proses laporan selesai.

(eva/eva)