Jalur Puncak Bogor Macet, One Way Arah Jakarta Diberlakukan

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 15:30 WIB
Polisi mengatur lalu lintas kendaraan yang  memadati ruas jalan jalur Wisata Puncak,  Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  Sabtu (31/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari ke-empat jalur wisata Puncak Bogor masih dipadati kendaraan wisatawan, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu jalur atau one way untuk mengurai kepadatan kendaraan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Ilustrasi kemacetan jalur Puncak Bogor (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta -

Kendaraan mulai memadati jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menuju Jakarta. Polisi memberlakukan sistem satu arah (one way) di Jalan Raya Puncak.

"Lagi one way. Kita saat ini di jalur Puncak mainkan CB one way arah bawah dikarenakan di atas ada penumpukan kendaraan. Dari mana asalnya, kemungkinan dari masyarakat yang menginap sebelum Lebaran, juga ada yang mungkin lolos dari daerah luar jadi kita turunkan semua pada kembali ke Jakarta kan, mengingat sudah mendekati akhir liburan," kata Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky saat dihubungi, Santu (15/5/2021).

"Sebenarnya dibilang macet juga bukan, antrean saja itu kendaraan yang ingin turun," tambahnya.

Dicky mengatakan sistem one way diberlakukan mulai Cianjur sampai simpang Gadog hingga mengarah ke tol. One way dimulai sejak pukul 13.00 WIB hingga menjelang sore ini.

"Lagi one way dari pukul 13.00 WIB. Situasi masih landai terkendali semua karena dari atas ke bawah sudah satu arah, tinggal menguras saja kendaraan sampai habis," jelas Dicky.

One way dilakukan sampai arus kendaraan benar-benar lancar. Setelah itu, arus lalu lintas akan diberlakukan normal dan mulai dilakukan penyekatan kembali.

"Kalau sudah habis, baru kita buka lagi dua arah. Kalau sudah dua arah, kita mainkan lagi penyekatan untuk kendaraan-kendaraan dari luar Bogor, kita putar balik," ujarnya.

Dicky mengatakan nantinya penyekatan tetap akan diberlakukan. Kendaraan berpelat selain F yang menuju Puncak akan diminta putar balik.

"Penyekatan kita berlangsung 24 jam dari mulai hari pertama Lebaran kita sudah dengan Gugus Tugas dan Ketua Satgas bersama Forkopimda itu kendaraan dari luar Bogor atau selain pelat F itu kita putar balik," ungkapnya.

(run/jbr)