Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Mulai Hari Ini hingga Besok

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 12:29 WIB
Kakorlantas Irjen Istiono mengecek kesiapsiagaan Operasi Ketupat 2021 di Jatim terkait larangan mudik. Pos-pos di Jatim siap menerapkan larangan mudik.
Kakorlantas Polri Irjen Istiono (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta -

Kakorlantas Polri Irjen Istiono memprediksi puncak arus balik libur Lebaran akan terjadi hari ini hingga besok. Sejumlah kebijakan terkait arus balik kali ini pun mulai diterapkan.

"Puncak arus balik diprediksi mulai hari ini sampai besok. Karena Senin masyarakat sudah mulai masuk kerja," kata Istiono dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (15/5/2021).

Istiono mengatakan ada jutaan orang yang berangkat dari Jabodetabek ke daerah Jawa dan Sumatera saat libur Lebaran berlangsung. Dia menyebut jutaan orang tersebut diprediksi akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya akhir pekan ini.

"Data dari Kementerian Perhubungan, masyarakat yang berasal dari Jabodetabek yang ada di Jawa dan Sumatera saat ini 1,5 juta orang. Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabeknya," ucap Istiono.

Dalam arus balik libur Lebaran ini, Istiono mengatakan pihaknya akan melakukan kegiatan rapid test antigen secara acak. Kebijakan itu mulai diterapkan hari ini.

"Untuk wilayah Sumatera (Aceh sampai Lampung) merupakan wilayah atensi COVID-19. Oleh karenanya, sebelum melakukan penyeberangan, harus dilengkapi surat bebas COVID-19," kata Istiono.

Lebih lanjut Istiono mengatakan, terhadap setiap warga yang diketahui positif virus Corona dari tes antigen di lokasi, pihaknya tidak akan mengizinkan warga tersebut melanjutkan perjalanan.

"Bila hasil random test menunjukkan positif, langsung dirujuk RS terdekat yang sudah ditunjuk," pungkasnya.

Simak juga Video: Tak Ingin Dikarantina Usai Mudik? Siapkan Surat Negatif Covid-19!

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/fas)