Arus Balik Libur Lebaran, Tol Layang MBZ Terapkan Sistem Buka Tutup

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 11:38 WIB
Polisi merekayasa lalu lintas untuk mendukung kebijakan larangan mudik 2021. Salah satunya dengan menutup Jalan Layang Tol Syeikh Mohammed Bin Zayed (MBZ).
Foto ilustrasi Tol Layang MBZ (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Tol Layang Syeikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) sempat dibuka kembali malam tadi usai ditutup selama kebijakan larangan mudik. Polisi kini akan kembali melakukan penutupan di ruas jalan tersebut selama arus balik libur Lebaran berlangsung.

"Ya (Tol MBZ ditutup pagi ini). Buka-tutup situasional," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono saat dihubungi detikcom, Sabtu (15/5/2021).

Tol Layang MBZ yang ditutup kembali pagi ini mulai dari Km 48 arah Jakarta. Sebelumnya, pada penyekatan arus mudik, polisi menutup ruas tol tersebut sejak di Km 10.

Istiono menambahkan penutupan kembali Tol MBZ tersebut sebagai antisipasi arus balik pemudik ke Jakarta. Dia menyebut di Km 47 pun petugas telah menyiapkan pos pemeriksaan rapid test antigen bagi pemudik.

"Ini untuk antisipasi perjalanan balik karena di Km 47 mau dilaksanakan rapid test secara random oleh Polda Jabar yang mau masuk Jakarta," ujar Istiono.

Diberitakan sebelumnya, Tol Jakarta Cikampek II (Elevated) atau Jalan Layang Syeikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) diketahui ditutup selama pelaksanaan larangan mudik dari 6 Mei lalu. Jalan layang tersebut kini bisa kembali dilalui oleh kendaraan.

"Iya, dibuka kembali nanti pukul 20.00 WIB," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Jumat (14/5) malam.

Polisi menutup tol layang tersebut sejak 6 Mei lalu. Penutupan area tersebut digunakan untuk mempermudah dalam proses penyekatan arus kendaraan yang akan berangkat mudik.

Selain kembali membuka Tol Layang MBZ, Sambodo mengatakan proses penyekatan arus mudik di Tol Cikarang Barat Km 31 telah dihentikan mulai malam ini.

"Pemeriksaan di Km 31 Cikarang Barat juga malam ini kita hentikan," imbuh Sambodo.

(ygs/zap)