e-Life

So Cute! Kak Seto dan Cucu Ajak Anak Menabung Angpao Lebaran

dtv - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 11:21 WIB
Jakarta -

Saat anak menerima angpao Lebaran, orang tua dapat sekaligus mulai membiasakan anak menabung. Hal ini dirasa perlu untuk mengajarkan prinsip hidup sederhana dan lebih mengedepankan kebutuhan daripada keinginan. Bahkan anak juga bisa mulai mengenal konsep investasi lewat kegiatan menabung.

"Dengan bertambahnya usia, anak-anak mulai diperkenalkan dengan konsep investasi. Bahwa ada barang yang mungkin tidak terlalu mewah tapi lebih penting dibeli karena bisa menghasilkan tambahan-tambahan uang," kata psikolog anak Dr Seto Mulyadi, SPsi, MSi, atau dikenal dengan Kak Seto di program e-Life.

Kak Seto juga menekankan pentingnya menabung agar anak bisa belajar bertanggung jawab. Ia juga menyarankan agar keluarga mengadakan rapat keluarga untuk mendiskusikan bagaimana sebaiknya uang angpao anak dikelola.

"Perlu ada semacam rapat keluarga, ibaratnya kita gelar sidang umur MPR, Majelis Permusyawaratan Rumah. Perlu adanya keterbukaan dan jadi super-team yang kompak," terangnya.

Selain lewat diskusi terbuka, orang tua juga dituntut kreatif dalam mengajari anak prinsip hidup sederhana agar rajin menabung. "Betul, perlu kreatif. Bisa dengan mendongeng atau menggambar poster-poster berslogan bahwa sederhana membuat kita bahagia. Atau bikin lagu mengenai menabung," jelas Kak Seto.

(gah/gah)